Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Gawat Darurat Beserta Kunci Jawabannya Chapter 4

Soal Uji Kompetensi Perawat - , Hai teman perawat bagaimana kabar anda? Apakah masih stress dan resah ketika menjawab contoh-contoh soal uji kompetensi? Tentunya tidak bukan alasannya ialah anda sudah sering berlatih menjawab soal-soal menyerupai ini sehingga sudah terbiasa. Pada artikel sebelumnya fahrinheit sudah membuatkan pola soal uji kompetensi keperawatan gawat darurat chapter 3. Bagi anda yang masih belum mengetahui kumpulan soal-soal uji kompetensi keperawatan gawat darurat ini sangat banyak lebih dari 100 soal. Agar kalian tidak pusing ketika berlatih maka kami membaginya menjadi 4 chapter. Bagi anda yang ingin melihat contoh-contoh soal sebelumnya sanggup dengan mengklik link di bawah ini :

Nah pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membuatkan chapter yang terakhir yaitu chapter 4. Untuk soal-soal dari chapter 4 ini sendiri terdiri dari 25 soal. Soal-soal sendiri lebih berfokus kepada keperawatan gawat darurat alasannya ialah perawat diharapkan mempunyai kompetensi dan sanggup berpikir kritis dalam kondisi gawat darurat. Bukan hanya soal-soal saja, sama menyerupai sebelumnya kami juga menyediakan kunci balasan di bawah nantinya supaya memudahkan anda dalam mencocokkan balasan anda apakah sudah sesuai atau belum.

Bagaimana apakah kalian sudah tidak sabar untuk menjawabnya? Namun sebelum mulai menjawab ada baiknya anda membaca petunjuk menjawab soal terlebih dahulu di bawah ini supaya tidak kesulitan dalam menjawab soal nantinya:
Petunjuk
  1. Siapkan alat tulis dan kertas selembar untuk menulis jawaban
  2. Siapkan dan pasang timer dalam waktu 25 menit
  3. Simulasikan menyerupai anda sedang menjawab soal-soal uji kompetensi sebetulnya dan jawab 1 soal dalam 1 menit
  4. Jawaban terdiri dari huruf A, B, C, D dan E
  5. Jika ada balasan pilihan 1, 2, 3, dan 4 maka anda disuruh menentukan dengan balasan : A. 1, 2 dan 3 benar B. 1 dan 3 benar C. 2 dan 4 benar D. 4 benar E. Semua balasan benar / Semua balasan salah.
  6. Pray First !

Nah itulah tadi petunjuk menjawab soal uji kompetensi keperawatan gawat darurat chapter 4 ini.  Apakah anda sudah siap? Sekarang mari pasang timer atau alarm anda dalam waktu 25 menit dan mulailah menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini :

1) Pada sebuah musibah gunung berapi menjadikan 5310 korban jiwa. 2310 korban luka-luka ringan, 1700 korban luka bakar, 1000 korban   kritis dan 300 korban belum ditemukan. Sebagai tenaga kesehatan maka yang ditolong terlebih dahulu adalah...
a. Korban luka ringan
b. Korban kritis
c. Korban luka bakar dan kritis
d. Korban luka bakar
e. Semua balasan benar

2) Setengah jam sehabis makan Ny. Y mengeluh rasa kram di perut, mual muntah dan sakit kepala. Anak Ny. Y meragukan ibunya keracunan makanan, pertolongan pertama yang sanggup dilakukan oleh sang anak adalah...
a. Meninggikan kepala ibunya 30-45 derajat
b. Meminumkan air putih sebanyak-banyaknya
c. Membawa ke kemudahan kesehatan
d. Meminumkan air susu yang dicampur dengan telur mentah
e. Jawaban b dan d benar

3) Dari kasus pada soal nomor 2 di atas dilihat dari gejalanya Ny. Y tergolong dalam keracunan...
a. Ringan
b. Sedang
c. Berat
d. Akut
e. Kronis

4) Klien Tn. A (35 th) masuk UGD dengan keadaan respirasi: 20 x/menit, CRT > 2 detik, nadi 108 x/menit dan tidak sanggup mengikuti perintah. Tn. A tergolong dalam kategori...
a. Tidak gawat, darurat
b. Gawat darurat
c. Meninggal
d. Tidak gawat, tidak darurat
e. Sangat parah

5) Terjadi kecelakaan kemudian lintas sebuah bis masuk jurang sedalam 20 meter di jalan Denganku Jadian Sama Yang Lain. Dalam insiden tersebut terdapat korban sebanyak 21 orang mahasiswa dengan rincian 8 korban luka ringan, 7 korban luka berat dan 6 orang meninggal.
Dari kasus di atas sebagai tenaga keperawatan maka metode triage yang dipakai adalah...
a.   SAVE
b.   START
c.   SICK
d.   SAFE
e.   PAVE

Kasus di bawah ini untuk soal nomor 6-8
Seorang perjaka yang mengendarai jet ski di maritim mengalami kecelakaan tertabrak karang besar. Pemuda itupun di tolong dan diangkat ke kapal penyelamat oleh beberapa orang tenaga medis pantai dalam keadaan tidak sadarkan diri, terlihat memar di punggung dan dicurigai cedera tulang belakang. Korban dipasang bag mask dengan volume 2 L.

6) Dalam kasus di atas untuk membebaskan jalan nafas korban yaitu dengan tindakan...
a. Head tilt-chin lift
b. Hemlich maneuver
c. Finger sweeping
d. Jaw trust
e. Suction

7) Pemberian bag mask dengan volume 2 L kasus di atas bertujuan supaya memenuhi volume tidal...
a. 600 ml
b. 500 ml
c. 400 ml
d. 300 ml
e. 200 ml

8) Jika dalam kasus di atas terdapat advance airway maka perbandingan pinjaman kompresi dan nafas menjadi...
a. 30 : 2
b. 15 : 2
c. 10 : 2
d. 100 : 2
e. 50 : 2

Kasus di bawah ini untuk soal nomor 9-11
Klien Tn. X (27 th) dirawat di ruang penyakit dalam laki-laki dilakukan pengkajian dan ditemukan pasien mengeluh pusing, nadi lemah, turgor kulit ± 4 detik, pengecap lunak, urine pekat dan kesadaran apatis.

9) Diagnosa keperawatan yang cocok dari hasil pengkajian perawat di atas adalah...
a. Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh
b. Nyeri akut
c. Intoleransi aktivitas
d. Resiko infeksi
e. Volume cairan

10) Dilihat dari data pengkajian kasus di atas defisit cairan yang dialami Tn. X diperkirakan sebanyak...
a. 2-3 %
b. 4-5 %
c. 6-8 %
d. 9-10 %
e. > 10 %

11) Dari kasus di atas maka diperkirakan kebutuhan cairan normal per hari untuk Tn. X adalah...
a. 1500cc/24 jam
b. 2200cc/24 jam
c. 2400cc/24 jam
d. 2500cc/24 jam
e. 2600cc/24 jam

12) Pada insiden kecelakaan, petugas emergency tampak menepuk-nepuk pundak sambil memanggil korban. Tindakan perawat tersebut termasuk?
a. Mengkaji respon pasien
b. Mencek kesadaran pasien
c. Menyelamatkan pasien
d. Jawaban a dan b benar
e. Jawaban a, b, dan c benar

13) Tn. M (24 tahun) tiba ke ruang UGD dengan open fraktur femur dan humerus, kesadaran E1V1M1, sianosis, nadi sulit diraba, akral teraba dingin. Dalam kasus ini defisit cairan yang dialami Tn. M adalah...
a. 1 %
b. 3-5 %
c. 6-8 %
d. 7-9 %
e. 10 %

14) Pasien anak dengan umur 1,5 tahun  dengan BB 11 kg dengan riwayat mengalami BAB cair sebanyak lima kali dan muntah 2 kali. Berdasarkan investigasi fisik asumsi defisit cairan 10 % dari berat badan. Termasuk dalam kriteria manakah pasien tersebut?
a. Dehidrasi ringan
b. Dehidrasi sedang
c. Dehidrasi berat
d. Dehidrasi sangat berat
e. Dehidrasi super berat

15) Seorang laki-laki membawa istrinya ke ruang UGD dan menyampaikan istrinya mengalami menstruasi banyak sudah 22 hari. Perawat yang bertugas melaksanakan pengkajian. Dari hasil pengkajian didapatkan data kesadaran Apatis, TD = 90/70, N = 110 x/menit, RR = 19 kali/menit, T = 35,4oC, nadi teraba lemah, pengecap lunak, turgor kulit lebih dari 2 detik, urin sedikit dan pekat. Dari hasil pengkajian sanggup diketahui pasien tersebut telah mengalami?
a. Dehidrasi ringan
b. Dehidrasi sedang
c. Dehidrasi berat
d. Dehidrasi sangat berat
e. Dehidrasi super berat

16) Seorang anak laki-laki mengalami campak disertai demam berumur 13 tahun. Perawat yang bertugas melaksanakan pengkajian. Didapatkan data TD = 100/70, N=105 x/menit, RR=16 kali/menit, T=37,7oC, mukosa bibir kering, turgor kulit kembali dalam 2 detik, urin pekat. Dari hasil pengkajian sanggup diketahui pasien tersebut telah mengalami?
a. Dehidrasi ringan
b. Dehidrasi sedang
c. Dehidrasi berat
d. Dehidrasi sangat berat
e. Dehidrasi super berat

17) Seorang ibu membawa anaknya berusia 19 tahun ke UGD alasannya ialah diare sudah dua hari. Ibu menyampaikan hari ini saja anaknya sudah mengalami BAB cair 5 kali. Hasil pengkajian didapatkan anak tampak lemah, mata cekung, mukosa bibir nampak kering, turgor buruk dan agak rewel. BB : 44 kg. Berapakah kebutuhan cairan anak tersebut?
a. 1980 cc
b. 1880 cc
c. 1970 cc
d. 2450 cc
e. 2400 cc

18) Di sebuah ruangan Unit Gawat Darurat, seorang pasien sudah terpasang infus 20 tetes/menit semenjak 5 jam yang lalu. Pasien ini hendak di antar ke ruangan inap. Saat mengantar, perawat UGD  memberitahukan kepada perawat ruangan perihal sisa waktu untuk mengganti infus selanjutnya. Berdasarkan kasus tersebut, berapa usang lagi kah infus akan diganti?
a. 1 jam
b. 1 jam 10 menit
c. 1 jam 20 menit
d. 1 jam 25 menit
e. 1,5 jam

19) Di sebuah ruangan Unit Gawat Darurat, seorang pasien sudah terpasang infus 18 tetes/menit semenjak 4 jam yang lalu. Pasien ini hendak di antar ke ruangan inap. Saat mengantar, perawat UGD  memberitahukan kepada perawat ruangan perihal sisa waktu untuk mengganti infus selanjutnya. Berdasarkan kasus tersebut, berapa usang lagi kah infus akan diganti?
a. 2 jam
b. 2 jam 10 menit
c. 2 jam 9 menit
d. 2 jam 8 menit
e. 1,5 jam

20) Pasien anak berumur 3 tahun dengan BB 20 kg dengan diagnosa diare. Perkiraan defisit menurut investigasi fisik ketika tiba di RS sekitar 13% dari BB, berapa perhitungan defisit cairan anak tersebut?
a. 1,3 ltr
b. 2,6 ltr
c. 1,53 ltr
d. 2,4 ltr
e. 0,6 ltr

21) Dari kasus soal nomor 20 berapakah pinjaman cairan yang diharapkan anak itu sesegera mungkin?
a. 400 ml RL
b. 2,6 ltr RL
c. 500 ml RL
d. 1 liter RL
e. 800 ml RL

22) Ny. W (30 th) masuk ruang UGD sebuah rumah sakit dengan diagnosa peritonitis. Tanda dan tanda-tanda yang biasa muncul pada peritonitis adalah...
a. Nyeri perut, hematuria, mual muntah
b. Hematuria, demam, syok
c. Mual muntah, distensi abdomen, melena
d. Melena, demam, mual muntah
e. Mual muntah, demam, distensi abdomen

23) Seorang perempuan berumur 30 tahun bersama keluarganya mendatangi Unit Gawat Darurat. Pasien tersebut mengeluh demam dan nyeri tumpul pada bab perut bawah kanan. Saat pengkajian didapatkan suhu tubuh klien 38,5oC dan terdapat nyeri lepas pada seluruh bab perut. Dari kasus tersebut dari tanda-tanda dan investigasi fisik, maka sanggup dipastikan perempuan tersebut mengalami?
a. Apendisitis akut
b. Apendisitis kronik
c. Peritonitis
d. Kolesistitis akut
e. Pankreatitis

24) Di ruang Unit Gawat Darurat terdapat seorang laki-laki dalam keadaan tidak sadar telah mengalami keracunan akhir percobaan bunuh diri. Perawat yang bertugas akan melaksanakan bilas lambung. Perawat memasang gudel dan NGT dengan ukuran yang besar, bilas lambung memakai air sebanyak ±250cc 20 kali dengan posisi pasien miring. Sesaat, perawat Dika yang melihat pribadi menegur perawat . Dari kasus tersebut, apa yang akan dikatakan perawat Dika kepada perawat ?
a. Perawat , maaf, airnya terlalu banyak. Seharusnya hanya 200cc!
b. Perawat , maaf, ukuran NGT nya kurang tepat. Yang kecil saja!
c. Perawat , maaf, bilasnya 15 kali saja ya!
d. Perawat , maaf, posisinya salah. Seharusnya telungkup!
e. Perawat , maaf, lebih baik pakai cairan norit!


25) Pasien tiba ke ruang UGD dalam keadaan tidak sadar dari tanda dan gejala, pasien terlihat menyerupai keracunan, apa tindakan yang pertama harus dikalukan perawat?
a. Memasang gudel dan NGT, bilas dengan air atau cairan norit dan pasien ditelungkupkan
b. Berikan pencahar dan klisma
c. Beri napas buatan tetapi bukan ekspresi ke ekspresi (mouth to mouth)
d. Beri injeksi epineprin takaran 0,3-0,4 mg per IM
e. Beri injeksi furosemid 40 mg perIV

Nah itulah tadi 25 soal yang sudah fahrinheit sajikan dalam kumpulan pola soal uji kompetensi chapter 4 ini. Bagaimana apakah anda sudah menjawab semua soal-soal di atas? Cek lagi lembar balasan anda kalau masih ada balasan yang kosong atau tertinggal. Apabila semua sudah terjawab silahkan beristirahat sejenak. Tentunya anda sanggup menjawab soal-soal tersebut dengan gampang bukan alasannya ialah anda sudah terbiasa berlatih menjawab soal-soal uji kompetensi. Ssekarang mari kita cocokkan balasan anda dengan kunci balasan yang ada di bawah ini:
Kunci Jawaban
  1. A
  2. E
  3. B
  4. B
  5. B
  6. D
  7. A
  8. C
  9. E
  10. C
  11. D
  12. D
  13. E
  14. C
  15. B
  16. A
  17. A
  18. D
  19. C
  20. B
  21. A
  22. E
  23. A
  24. D
  25. A

Bagaimana sehabis mencocokkan balasan kalian dengan kunci balasan di atas? Apakah balasan anda sudah sesuai atau masih ada yang membingungkan anda? Jika ada soal yang masih membingungkan mari buka dan pelajari kembali pelajaran-pelajaran anda di kampus supaya anda lebih gampang mengingatnya lagi kalau bertemu soal-soal menyerupai di atas. Jangan lupa untuk terus berlatih supaya anda terbiasa menjawab soal-soal uji kompetensi. Untuk soal-soal uji kompetensi keperawatan yang lain sanggup anda lihat DISINI. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Kumpulan Soal Uji Kompetensi Keperawatan Gawat Darurat Beserta Kunci Jawabannya Chapter 4
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.