Cara Menciptakan Daftar Riwayat Hidup (Cv) Yang Baik Dan Benar 2019

Cara Membuat Riwayat Hidup (CV) - , Salah satu hal penting untuk diperhatikan dalam melamar pekerjaan selain penulisan surat lamaran kerja yakni daftar riwayat hidup / Curriculum Vitae (biasa disingkat CV). Daftar riwayat hidup merupakan bab penting kedua yang akan dilihat oleh pihak perusahaan sesudah surat lamaran kerja. Kenapa sangat penting? Karena daftar riwayat hidup sering dipakai pihak perusahaan untuk melihat citra profil diri kita secara menyeluruh.

 Salah satu hal penting untuk diperhatikan dalam melamar pekerjaan selain penulisan surat Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) yang Baik dan Benar 2019
Dalam menciptakan daftar riwayat hidup pun tidak sanggup sembarang. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa CV menggambarkan profil diri kita, apabila CV kita berserakan dan sembarang dalam pembuatannya maka akan menciptakan pihak perusahaan malas melihatnya. Dalam menciptakan daftar riwayat hidup yang baik dan benar pun ada aturannya mulai dari struktur atau format penulisan. Untuk format penulisan daftar riwayat hidup meliputi 7 bagian, diantaranya adalah:

1. Judul

Untuk penulisan judul memakai abjad balok dengan judul 'DAFTAR RIWAYAT HIDUP' atau 'CURRICULUM VITAE'

Baca Juga : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

2. Data Diri

Data diri yang wajib dimuat terdiri dari nama, daerah tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat, pendidikan terakhir, kontak yang sanggup dihubungi. Jika ingin dan memang diharapkan sanggup ditambahkan data langsung pelengkap ibarat tinggi badan, berat badan, hobi serta yang lainnya asal dalam batas yang masuk akal dan jangan terlalu bertele-tele. Jangan lupa untuk melampirkan pas foto 3x4 atau 4x6 di samping kanan atas data diri.

3. Riwayat Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan anda baik itu formal maupun non formal. Untuk pendidikan formal ibarat riwayat pendidikan semenjak SD sampai pendidikan terakhir yang anda tempuh dengan mencantumkan tahun awal menempuh pendidikan sampai tahun tamat / kelulusan. Untuk pendidikan non formal yakni pendidikan yang tidak anda dapatkan di sekolah formal, misalkan kursus bahasa inggris, kursus komputer, kursus menjahit, dan lain-lainnya dengan mencantumkan pula tahun anda mengikuti pendidikan non formal tersebut.

4. Pengalaman Organisasi

Masukkan pengalaman organisasi yang pernah anda ikuti baik itu formal maupun non formal misalkan pernah menjadi anggota OSIS, panitia dalam suatu program penting, anggota pramuka dan lain-lainnya. Pengalaman organisasi ini sangat penting dan memiliki nilai plus alasannya menggambarkan bahwa anda pernah terlibat dalam suatu acara organisasi dan pernah bekerja dalam suatu tim sehingga sanggup diajak bekerja sama dalam perusahaan yang ingin anda lamar.

5. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga sangat penting untuk menambah nilai kualifikasi anda sebagai pelamar. Pengalaman kerja menggambarkan bahwa anda sudah banyak makan garam dalam suatu pekerjaan, apalagi jikalau pekerjaan yang ingin anda lamar sesuai dengan pengalaman kerja anda sebelumnya. Biasanya untuk pengalaman kerja, pihak perusahaan setdaknya menargetkan punya pengalaman kerja minimal 6 bulan. Apabila memungkinkan lampirkan surat pengalaman kerja anda dari daerah bekerja anda sebelumnya.

6.  Keahlian / Keterampilan

Cantumkan keahlian atau keterampilan yang anda miliki sesuai dengan gugusan yang ingin anda lamar, misalkan keahlian mengoperasikan komputer (microsoft word, excel etc), menyetir, berbahasa inggris, dan lain-lainnya. Jangan lupa untuk melampirkan akta atau pembinaan yang menunjang keahlian / keterampilan anda ibarat kursus komputer, kursus menyetir, dan lain-lainnya.

7. Penutup

Yang terakhir yakni kalimat epilog disertai dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Semua bagian-bagian di atas harus ditulis secara berurutan dan dihentikan tertukar. Selain struktur atau format penulisan, beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menciptakan daftar riwayat hidup yakni :
  1. Tulis secara mendetail daftar riwayat hidup anda
  2. Gunakan bahasa yang baku dan ejaan yang disempurnakan (EYD)
  3. Jangan terlalu bertele-tele dalam menulis daftar riwayat hidup, cukup masukkan bagian-bagian yang penting dan bekerjasama dengan gugusan yang ingin anda lamar.
  4. Hindari kalimat yang berulang-ulang
  5. Usahakan untuk tidak salah tulis (typo)
  6. Jangan sekali-kali berbohong mengenai goresan pena daftar riwayat hidup anda alasannya itu sanggup menurunkan nilai krediilitas anda.
  7. Jangan lupa untuk melampirkan berkas-berkas yang berkaitan dengan daftar riwayat hidup yang anda tulis.
  8. Selalu cek apakah daftar riwayat hidup anda sudah sesuai sebelum menyerahkannya.

Nah itulah tadi cara menciptakan daftar riwayat hidup (CV) yang baik dan benar. Sangat gampang sekali bukan? Dengan CV yang baik dan detail maka akan menambah daya tarik anda anda sebagai pelamar. Demikian artikel kali ini, biar bermanfaat.
Cara Menciptakan Daftar Riwayat Hidup (Cv) Yang Baik Dan Benar 2019
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
29 Mei 2019 pukul 17.34

Jadilah blogger kreatif tanpa harus mencuri artikel org lain

Reply