Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan Gawat Darurat Beserta Kunci Jawabannya

Contoh Soal Gawat Darurat - , Hai teman perawat, bagaimana kabar anda? Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja ya dan dimudahkan dalam pekerjaannya serta bagi yang belum mempunyai pekerjaan biar cepat diberikan pekerjaan. Sudah usang fahrinheit tidak mengembangkan soal-soal uji kompetensi oleh alasannya ialah itu pada kesempatan ini fahrinheit akan mengembangkan kembali mengenai soal-soal uji kompetensi keperawatan gawat darurat. Kalau dipikir-pikir kenapa dari kemarin-kemarin fahrinheit lebih banyak membagikan pola soal mengenai keperawatan gawat darurat ya? Hal ini dikarenakan problem keperawatan gawat darurat sanggup menjadi dasar apakah perawat sudah sanggup berpikir kritis dalam kondisi gawat darurat sehingga lebih memperlihatkan kompetensinya sebagai perawat. Oleh alasannya ialah itu tidak heran soal mengenai gawat darurat pun selalu ditekankan pada ketika uji kompetensi.

baik saja ya dan dimudahkan dalam pekerjaannya serta bagi yang belum mempunyai pekerjaan ag Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan Gawat Darurat Beserta Kunci Jawabannya
Pada soal uji kompetensi keperawatan gawat darurat ini kami sediakan sebanyak 13 soal. Selain soal-soal, menyerupai biasanya fahrinheit juga memperlihatkan kunci jawabannya di selesai artikel biar kalian sanggup menyesuaikan apakah tanggapan anda sudah benar atau belum. Namun jangan mengintip kunci jawabannya duluan yaa hehe. Bagaimana apakah kalian sudah tidak sabar menjawab soal-soal uji kompetensi kali ini? Agar anda lebih memahami dalam menjawab soal nantinya ada baiknya anda membaca petunjuk menjawab soal terlebih dahulu di bawah ini:
Petunjuk
  1. Siapkan alat tulis dan kertas selembar untuk menulis jawaban
  2. Siapkan dan pasang timer dalam waktu 12 menit
  3. Usahakan menjawab 1 soal dalam 1 menit
  4. Jawaban terdiri dari huruf A, B, C, D dan E
  5. Jika ada tanggapan pilihan 1, 2, 3, dan 4 maka anda disuruh menentukan dengan tanggapan : A. 1, 2 dan 3 benar B. 1 dan 3 benar C. 2 dan 4 benar D. 4 benar E. Semua tanggapan benar / Semua tanggapan salah.
  6. Pray First !

Baca Juga : Contoh Soal Uji Kompetensi ihwal Resusitasi Cairan Beserta Kunci Jawabannya

Nah itulah tadi petunjuk menjawab soalnya. Bagaimana apakah anda sudah siap? Sekarang mari pasang alarm atau timer anda selama 13 menit dan mulailah menjawab soal-soal di bawah ini:

1. Tn.M dengan umur 42 tahun dan istrinya Ny. S umur 40 tahun mengalami kecelakaan kemudian lintas ketika mengendarai kendaraan beroda empat di jalan tol. Pada ketika insiden Tn. M dalam keadaan sadar, ketika dikeluarkan dari kendaraan beroda empat Tn.M menjerit kesakitan ternyata pada tungkai sinistra tibia fibula tampak bengkok, bengkak, dan terdapat luka robek yang mengeluarkan darah. Sedangkan Ny. S ketika insiden dalam keadaan tidak sadar dan ditemukan adanya jejas pada dada bab dekstra dan diduga mengalami henti nafas.
Pada kasus diatas, pernyataan manakah yang benar berdasarkan kondisi gawat dan darurat?
a. Ny. S termasuk dalam kategori gawat dan Tn.M termasuk dalam kategori darurat
b. Ny. S termasuk dalam kategori darurat dan Tn.M termasuk dalam kategori gawat
c. Ny. S dan Tn.M termasuk dalam kategori gawat dan darurat
d. Ny. S dan Tn.M tidak termasuk dalam kategori gawat dan darurat
e. Ny. S termasuk kategori gawat dan Tn. termasuk kategori tidak gawat darurat

2. Pada pagi ini, tampak seorang perawat melaksanakan resusitasi cairan dengan melaksanakan kerja sama penggantian cairan memakai infus 2 jalur pada pasien yang mengalami perdarahan. Tindakan dari perawat tersebut disebut dengan?
a. Penanggulangan Pasien Gawat Darurat
b. Upaya Penanggulangan Pasien Gawat Darurat
c. Upaya Penanggulangan penderita Gawat Darurat
d. Penanggulangan Penderita Gawat Darurat
e. Pertolongan Pertama Gawat Darurat

3. Berikut beberapa diagnosa yang sering muncul di ruang gawat darurat
1) Kesulitan bernafas
2) Luka bakar
3) Multipel fraktur
4) Cedera kepala berat
5) Kelainan persalianan
Dari beberapa diagnosa di atas, manakah yang termasuk dalam prioritas kegawatan darurat kategori gawat darurat:
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 1, 4, 5
e. 1, 3, 4

4. Berikut beberapa diagnosa gawat darurat yang sering muncul
1) Nyeri alasannya ialah gangguan paru
2) Luka bakar
3) Multipel fraktur
4) Cedera kepala berat
5) Kelainan persalinan
Dari beberapa diagnosa di atas, manakah yang termasuk dalam prioritas kegawatan darurat kategori darurat tidak gawat:
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 1, 4, 5
e. 1, 2, 5

5. Di suatu ruang Unit Gawat Darurat sebuah Rumah Sakit, dua pasien akhir kecelakaan tiba secara bersamaan. Ny. P: berteriak-teriak, perdarahan di kaki kanannya. Tn. Q : hanya diam, perdarahan dari kepala. Kemudian tiba Tn. R mengeluh nyeri nyeri dada semenjak 2 jam yang lalu. Ny. S mengeluh sesak berat dan terlihat gelisah. Tidak usang kemudian nampak tiba pasien An. T dengan keluhan diare dan nampak anak tersebut rewel. Dari beberapa kasus tersebut, prioritas manakah yang harus ditolong lebih dahulu?
a. Ny. P
b. Tn.Q
c. Tn. R
d. Ny.S
e. An. T

6. Di sebuah ruang UGD sebuah Rumah Sakit, terdapat pasien Ny. N dengan umur 45 tahun mengalami penurunan kesadaran. Ny. N membuka mata sesudah diberi perintah membuka mata. Saat ditanyakan daerah Ny. N kini berada Ny. N tampak bingung. Saat diberi cubitan pada lengan tangan dekstra, Ny. N menarik tangannya menjauhi cubitan. Perawat menilai GCS Ny. N E3V4M4 (somnolent). Berdasarkan kasus diatas, bagaimanakah core competency yang dimiliki perawat tersebut?
a. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal komunikasi
b. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal terampil dalam evaluasi klien
c. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis
d. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis
e. Perawat tersebut tidak mempunyai core competency dalam hal apapun

7. Di suatu ruang gawat darurat sebuah Rumah Sakit, tiba pasien An. F umur 6 tahun yang mengalami perdarahan pada vena jugularis. Perawat yang bertugas pada pasien tersebut pribadi bertindak cekatan dengan melaksanakan pemfokusan keras pada vena jugularis anak tersebut. Berdasarkan kasus diatas, bagaimanakah core competency yang dimiliki perawat tersebut?
a. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal terampil dalam evaluasi klien
b. Perawat tersebut tidak mempunyai core competency dalam hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis
c. Perawat tersebut tidak mempunyai core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis serta hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis
d. Perawat tersebut tidak mempunyai core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis
e. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal komunikasi

8. Di sebuah ruang Gawat Darurat, terdapat pasien Tn. R umur 78 tahun dengan diagnosa gastritis. Saat pengkajian pasien dalam keadaan sadar, namun alasannya ialah Tn. R sudah berumur tua, Tn. R kurang mendengar. Perawat yang bertugas pada pasien tersebut berinisiatif untuk memakai stetoskop pada indera pendengaran Tn. R sehingga perawat dan  Tn. R tersebut sanggup berkomunikasi dengan baik. Berdasarkan kasus diatas, bagaimanakah core competency yang dimiliki perawat tersebut?
a. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal komunikasi
b. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal terampil dalam evaluasi klien
c. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal prioritas pengaturan dan berpikir kritis
d. Perawat tersebut telah mempunyai core competency dalam hal pengetahuan perawatan darurat dan keterampilan klinis
e. Perawat tersebut tidak mempunyai core competency dalam hal apapun

9. Di sebuah jalan tol terjadi kecelakaan bus dan terdapat sejumlah korban. Tim emergency yang telah berada ditempat melaksanakan triage. Pada salah satu korban yang ditangani terdapat korban henti nafas, sesudah dilakukan pengkajian dini dan tindakan chin lift korban masih tidak bernafas, kemudian dilakukan pembukaan jalan nafas, korban masih tidak bernafas. Berdasarkan kasus tersebut, warna label triage apakah yang sempurna diberikan pada korban tersebut?
a. Putih
b. Hijau
c. Kuning
d. Merah
e. Hitam

10. Pada ketika melaksanakan pengkajian sirkulasi, perawat hendak melaksanakan pengkajian capillary refill namun ditemukan cat kuku pada korban. Maka apa yang selanjutnya dilakukan oleh perawat?
a. Menghilangkannya dengan alkohol
b. Mengganti pengkajian capillary refill dengan melaksanakan investigasi nadi radialis
c. Tetap melaksanakan pengkajian capillary refill  namun memakai perkiraan
d. Mengganti pengkajian capillary refill dengan melaksanakan investigasi denyut vena jugularis
e. Melewati pengkajian sirkulasi dan melanjutkan pada tahap berikutnya

11. Salah satu kriteria penting untuk mendapat kompresi yang berkualitas pada resusitasi jantung paru ialah frekuensi kompres yang dilakukan setidaknya sebanyak...
a. 100 kali / menit
b. 30 kali / menit
c. 90 kali / menit
d. 100 kali / 30 detik
e. 90 kali / 30 detik

12. Pada insiden kecelakaan, petugas emergency tampak menepuk-nepuk pundak sambil memanggil korban. Tindakan perawat tersebut termasuk?
a. Mengkaji respon pasien
b. Mengecek kesadaran pasien
c. Menyelamatkan pasien
d. Pilihan a dan b benar
e. Pilihan a, b, dan c benar

13. Seorang ibu membawa anaknya berusia 2 tahun ke IGD alasannya ialah diare sudah dua hari. Hari nin BAB cair sudah 5 kali. Hasil pengkajian didapatkan anak tampak lemah, mata cekung, mukosa bibirkering, turgor buruk dan agak rewel. BB : 12 kg. Berapakah kebutuhan cairan anak tersebut?
a. 1100 cc
b. 1210 cc
c. 1232 cc
d. 1344 cc
e. 1050 cc

Baca Juga : Contoh Soal Keperawatan ihwal Akut Abdomen Beserta Kunci Jawabannya

Nah itulah tadi 13 pola soal uji komptensi keperawatan gawat darurat. Tentunya masih banyak waktu yang tersisa bukan alasannya ialah anda sudah terbiasa menjawab soal-soal menyerupai ini. Periksa kembali tanggapan anda apakah masih ada tanggapan yang kosong atau sudah terjawab semua. Jika sudah semua kini mari cocokkan tanggapan anda dengan kunci tanggapan di bawah ini:
Kunci Jawaban
  1. B
  2. D
  3. D
  4. A
  5. B
  6. B
  7. C
  8. A
  9. E
  10. B
  11. A
  12. D
  13. A

Bagaimana sesudah anda mencocokkan tanggapan anda dengan kunci tanggapan di atas? Apakah masih ada tanggapan yang belum sesuai atau sudah benar semua? Jika masih banyak tanggapan yang belum benar mari buka kembali materi-materi keperawatan gawat darurat anda ketika perkuliahan dulu ya biar lebih terbuka pikirannya. Jika ada yang tidak kalian pahami kalian sanggup menanyakannya kepada kami melalui kolom komentar di bawah. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Contoh Soal Uji Kompetensi Keperawatan Gawat Darurat Beserta Kunci Jawabannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.