Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting Dan Muncul Goresan Pena Cmos Fail

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya wacana mengatasi komputer yang gagal booting dan tidak sanggup masuk sistem operasi. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan cara melaksanakan reset BIOS dengan cara masuk BIOS dan melaksanakan setting default. Dengan cara ini biasanya duduk masalah sudah teratasi dan komputer sudah sanggup masuk ke sistem operasi. Namun ada kalanya kegagalan booting lebih parah yakni komputer tiba-tiba mati dengan sendirinya sehingga tidak sempat masuk ke BIOS dan melaksanakan reset.

 Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya wacana mengatasi komputer ya Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting dan Muncul Tulisan CMOS Fail
Masalah komputer gagal booting ini biasanya disebabkan oleh kegagalan baterai CMOS. Kegagalan baterai CMOS ini biasanya terjadi lantaran pemadaman listrik tiba-tiba, baterai CMOS sudah habis atau gres saja diganti dan lain-lainnya. Baterai CMOS ini sama ibarat baterai pada jam tangan dan terletak pada motherboard komputer. Ciri-ciri yang nampak kalau terjadi kegagalan baterai CMOS biasanya ialah munculnya goresan pena 'CMOS Fail', 'Hardware not recognize', 'CMOS  Error', 'CMOS Cheksum Bad', 'CMOS Wrong' atau sejenisnya dikala komputer dihidupkan. Tidak usang sesudah goresan pena CMOS Fail tersebut muncul biasanya komputer tiba-tiba mati lantaran kegagalan booting. Nah kalau duduk masalah tersebut terjadi pada komputer anda, tidak perlu panik dan eksklusif membawanya ke service komputer. Anda tetap sanggup melaksanakan reset BIOS secara manual.

Untuk melaksanakan reset BIOS secara manual anda harus membongkar CPU anda. Sebelumnya anda harus mempersiapkan benda-benda berikut ini:
  • Obeng
  • Jumper / Kawat Kecil

Jika sudah siap maka anda sudah sanggup melaksanakan reset BIOS secara manual. Adapun langkah-langkahnya ialah berikut ini :

1. Matikan komputer dan cabut semua kabel yang terhubung dengan CPU baik itu dengan listrik maupun komponen lainnya ibarat monitor, speaker, keyboard, mouse dan lain sebagainya.

2. Selanjutnya anda tekan tombol power pada CPU selama 8-10 detik (pastikan tidak ada kabel yang terhubung ke CPU lagi). Ini bertujuan menghilangkan listrik statis yang masih tersisa di dalam CPU

3. Jika sudah, bukalah case CPU dengan memakai obeng. Cari dan lepas baterai CMOS yang terdapat pada motherboard komputer. Jika sulit untuk melepasnya anda sanggup memakai pertolongan obeng minus
 Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya wacana mengatasi komputer ya Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting dan Muncul Tulisan CMOS Fail

4. Selanjutnya cari pin pada motherboard. Ada dua jenis pin yakni komputer yang memakai 2 pin dan yang memakai 3 pin. Untuk melaksanakan reset BIOS pada 2 pin anda tinggal menghubungkan pin tersebut dengan jumper dan tunggu selama 5-7 detik. Sedangkan pada komputer yang memakai 3 pin cara melaksanakan resetnya ialah merubah posisi awal jumper dari pin 1-2 menjadi 2-3. Tunggu selama 5-7 detik kalau sudah kembalikan jumper ke pin 1-2.
 Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya wacana mengatasi komputer ya Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting dan Muncul Tulisan CMOS Fail

5. Selanjutnya tanamkan kembali baterai CMOS pada motherboard ibarat semula

6. Pasang kembali case CPU dan hubungkan kembali dengan semua kabel perangkat komputer (kabel listrik dihubungkan paling terakhir)

7. Nyalakan kembali komputer anda dan biarkan komputer melaksanakan booting untuk mereset BIOS dan selanjutnya komputer sanggup masuk ke sistem operasi. Disini anda sudah selesai melaksanakan reset BIOS secara manual.

Note :
  • Jika tidak mempunyai jumper pin maka anda sanggup mengatasinya dengan memakai kawat / obeng kecil. Pada prinsipnya untuk melaksanakan reset BIOS ialah menghubungkan pin reset tersebut.
  • Pada beberapa motherboard sudah tidak memakai pin dan menyediakan tombol reset. Untuk melaksanakan reset anda hanya perlu menekan tombol reset tersebut sesudah baterai CMOS dicabut.
  • Jika anda sudah melaksanakan cara di atas secara benar namun komputer masih gagal melaksanakan booting maka satu-satunya cara ialah dengan mengganti baterai CMOS yang gres dan lakukan reset BIOS kembali dengan mengikuti langkah 4-7.

Nah itulah tadi cara mengatasi komputer yang mengalami gagal booting dan muncul goresan pena CMOS Fail. Jika langkah di atas sudah diikuti dengan benar maka biasanya komputer sanggup melaksanakan booting dan masuk ke sistem operasi komputer. Namun kalau komputer masih mati secara tiba-tiba dan gagal booting maka hal tersebut mengambarkan baterai CMOS anda sudah rusak dan harus menggantinya dengan yang baru. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Komputer Gagal Booting Dan Muncul Goresan Pena Cmos Fail
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.