Cara Mengganti Baterai Cmos Motherboard

Cara Mengganti Baterai CMOS - , Apabila anda sudah melaksanakan setting default BIOS atau melaksanakan reset secara manual namun komputer masih tidak sanggup melaksanakan booting dan muncul goresan pena 'CMOS Fail', maka satu-satunya jalan terakhir ialah mengganti baterai CMOS itu sendiri. Bagaimana cara menggantinya? Nah disini fahrinheit akan membagikan tutorial bagaimana cara mengganti baterai CMOS di motherboard komputer yang baik dan benar. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengganti baterai CMOS ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari baterai CMOS itu sendiri.

Apabila anda sudah melaksanakan setting default BIOS atau melaksanakan reset secara manual namun Cara Mengganti Baterai CMOS Motherboard
CMOS merupakan kependekan dari Complementart metal-oxide-semiconductor, mungkin kurang familiar bukan? Jika dalam sebutan sehari-hari maka kita biasanya menyebut dengan baterai jam tangan. Ya betul, CMOS yaitu baterai pipih yang juga sering dipakai pada jam tangan. Lalu bagaimana sanggup dipakai pada komputer, untuk apa fungsinya? Baterai CMOS ini ditanamkan pada motherboard komputer dengan fungsi menyimpan gosip dasar komputer menyerupai jam waktu dan tanggal, aktivitas diagnostik, aktivitas konfigurasi dan lain-lainnya meskipun komputer dimatikan. Makara tugas baterai CMOS ini mempunyai banyak tugas dalam komputer itu sendiri.

Namun namanya juga baterai tentunya ada kalanya juga mengalami low sehingga perlu diganti dengan yang baru. Salah satu ciri baterai CMOS sudah habis maka biasanya komputer akan gagal melaksanakan booting, tidak sanggup masuk BIOS dan muncul goresan pena CMOS Fail. Biasanya baterai CMOS ini bertahan cukup usang kurang lebih 5 tahun. Namun jikalau memang sudah tidak sanggup dipertahankan lagi maka kita harus menggantinya dengan yang baru. Lalu bagaimana cara menggantinya? Nah disini fahrinheit akan membagikan tutorialnya. Sebelum masuk ke tutorial ada beberapa alat yang anda butuhkan, yaitu :
  1. Obeng
  2. Baterai CMOS baru
  3. Jumper atau kawat kecil (jika ingin melaksanakan reset secara manual dan langsung)

Apabila alat-alat di atas sudah siap maka anda sanggup melaksanakan penggantian baterai CMOS sekarang. Adapun langkah-langkahnya yaitu :
1. Matikan komputer anda dan lepaskan semua kabel yang terhubung dengan CPU sampai tidak ada yang tersisa.

2. Jika semua kabel terhubung sudah dilepas, maka selanjutnya tekan tombol power pada CPU selama kurang lebih 10 detik. Ini bertujuan untuk menghilangkan listrik statis yang masih tersisa di dalam CPU.

3. Selanjutnya buka case CPU anda dengan memakai obeng. Lalu cari baterai CMOS yang tertanam di dalam motherboard dan lepaskan. Jika susah untuk melepasnya maka sanggup memakai pinjaman obeng belah. Apabila sudah terlepas ganti baterai CMOS dengan baterai yang baru.

4. Disini anda sudah selesai melaksanakan penggantian baterai CMOS, namun anda perlu mereset ulang BIOS lagi baik itu dengan setting default masuk ke BIOS atau reset CMOS secara manual memakai jumper. Caranya sanggup anda baca pada artikel fahrinheit dengan mengklik link goresan pena tersebut.

Nah itulah tadi cara mengganti baterai CMOS. Sangat gampang sekali bukan? Tidak perlu repot-repot membawa ke tukang service komputer alasannya yaitu anda pun sanggup melakukannya sendiri. Selain itu juga menghemat biaya jasa service penggantian baterai CMOS. Untuk harga baterai CMOS sendiri tergolong murah (hanya kurang lebih Rp. 20.000,-) dan sanggup anda dapatkan dengan mudah. Demikian artikel kali ini, supaya bermanfaat.
Cara Mengganti Baterai Cmos Motherboard
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.