Cara Menampilkan Link Sumber Artikel Secara Otomatis Ketika Blog Di Copas (Copy Paste)

Cara Menampilkan Link Sumber Saat Di Copas - , Di zaman kini sudah blogger sudah menjadi pekerjaan yang dilirik oleh banyak orang. Pekerjaannya yang santai serta sanggup menyalurkan hobi melalui goresan pena menyebabkan blogger menjadi pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan. Namun kini justru kebanyakan blogger berorientasi pada menghasilkan uang sehingga lupa menikmati bagaimana rasanya menulis dan berbagi. Ditambah dengan fitur yang sangat memudahkan namun justru terkadang menjadi petaka, yakni fitur Ctrl C + Ctrl V atau lebih kita kenal dengan sebutan Copas / Copy Paste.

Cara Menampilkan Link Sumber Saat Di Copas Cara Menampilkan Link Sumber Artikel Secara Otomatis Saat Blog di Copas (Copy Paste)
Fitur Copy Paste memang sangat memudahkan alasannya yaitu kita tidak perlu mengetik ulang hanya tinggal menyeret kursor pada bab yang ingin di copas dan selanjutnya tinggal dicopy dan dipastekan ulang. Namun dalam melaksanakan copy paste juga tentunya ada hukum atau kaidah tersendiri dalam penulisan alasannya yaitu kalau tidak justru akan dicap sebagai maling artikel atau plagiat. Jika ingin mengcopas artikel suatu blog maka sudah sepatutnya kita melampirkan link sumber artikel untuk menghargai karya goresan pena orang lain. Selain itu dengan melampirkan link sumber daerah kita menyalin artikel maka sanggup meningkatkan SEO blog dengan memperlihatkan backlink. Namun tidak jarang kebanyakan blogger kini melupakan hal sepele namun penting ini, saya pun terkadang sanggup melupakannya.

Nah sebetulnya ada cara gampang untuk mengatasinya, yakni memasang script link sumber otomatis. Dengan memasang script ini, maka pada ketika artikel blog anda dicopas secara otomatis link sumber akan muncul pada simpulan kalimat. Meskipun goresan pena link sumber ini sanggup dihapus dengan gampang namun setidaknya dengan cara ini sanggup mengingatkan kepada orang yang ingin menyalin artikel tersebut semoga tidak 'kelupaan' mencantumkan link sumber daerah ia mengambil sumber tulisan. Cara ini juga diterapkan pada blog besar ibarat tribunnews. Simpel namun setidaknya menghargai karya goresan pena orang lain, untuk menghapusnya atau tidak tergantung diri masing-masing yaa.

Baca Juga : Cara Membuat Hasil Pencarian Blog Dialihkan Ke Pencarian Google Secara Otomatis

Lalu bagaimana cara menampilkan link sumber artikel tersebut secara otomatis? Penasaran dan ingin mencobanya? Nah oleh alasannya yaitu itu pada kesempatan kali ini fahrinheit akan mengembangkan tips blogging cara menampilkan link sumber artikel otomatis. Untuk memasangnya pun sangat gampang yang sanggup anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk ke akun blogger anda

2. Selanjutnya silahkan anda masuk ke hidangan template dan pilih hidangan edit HTML

3. Kemudian cari script dengan keyword </body> memakai fitur pencarian (Ctrl + F)

4. Apabila sudah menemukannya selanjutnya anda hanya tinggal memasukkan script di bawah ini. Untuk scriptnya sendiri kami sediakan 2 versi, versi pertama yaitu minimalis jadi ketika blog dicopas maka link sumber akan muncul secara otomatis di simpulan kalimat. Sedangkan pada versi kedua lebih lengkap dengan menampilkan judul artikel, nama blog serta link sumber pada simpulan kalimat artikel yang dicopy paste. Terserah anda untuk memakai script yang mana yang cocok dengan selera anda di bawah ini :

Versi 1

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink=" Sumber : "+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement("div"),newdiv.style.position="absolute",newdiv.style.left="-99999px",document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener("copy",nocopas);
//]]>
</script>

Versi 2

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
!function(e,t){var n="getSelection",o="removeAllRanges",i="addRange",l="parentNode",a="firstChild",d="appendChild",r="removeChild",s="test",c="innerHTML";if(e[n]){var p,g,f,h,u,y;t.addEventListener("copy",function(C){for(g=C.target;3===g.nodeType;)g=g[l];if(h=t.createElement("div"),(p=e[n]())&&p.rangeCount&&(p=p.getRangeAt(0))&&(f=p.cloneRange(),p=p.cloneContents())){for(;u=p[a];)h[d](u);if(!/^(pre|code)$/i[s](g.nodeName||"")&&!/(^|\s)no-attribution(\s|$)/i[s](g.className||"")){var v=e.location.href;h[c]+="<br><br>&copy; "+t.title+'<br>Source: <a href="'+v+'">'+v+"</a>"}y=t.createRange(),t.body[d](h),y.selectNodeContents(h),p=e[n](),p[o](),p[i](y),setTimeout(function(){h[l][r](h),p[o](),p[i](f)})}},!1)}}(window,document);
//]]>
</script>

5. Jika sudah selesai memasang script di atas selanjutnya klik save untuk menyimpan. Sampai disini anda sudah selesai menciptakan link sumber artikel yang akan tampil otomatis ketika di copas.

Nah itulah tadi cara menampilkan link sumber artikel secara otomatis pada ketika blog kita dicopas. Sangat gampang sekali bukan? Anda pun sanggup menerapkannya sendiri pada blog anda. Dengan melaksanakan tindakan ini setidaknya kita sudah mengingatkan kepada si 'copasser' untuk mencantumkan link sumber yang sudah dicopasnya walaupun keputusan tetap ada pada dirinya apakah ingin mencantumkan sumber atau tidak. Demikian artikel tips blogging dari fahrinheit kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Menampilkan Link Sumber Artikel Secara Otomatis Ketika Blog Di Copas (Copy Paste)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.