Kandungan Dan Nutrisi Yang Ada Di Dalam Kakao (Cokelat)

Kandungan Nutrisi Kakao (Cokelat) - , Mungkin sudah banyak sahabat fahrinheit mengenal masakan yang satu ini. Ya betul, cokelat. Cokelat merupakan salah satu masakan yang terkenal dan sering menjadi favorit banyak orang terutama bagi belum dewasa dan dewasa alasannya ialah rasanya yang sangat enak. Namun seringkali orang bau tanah melarang anaknya untuk memakan cokelat alasannya ialah memang cokelat sering menjadi sumber duduk kasus yang menciptakan gigi belum dewasa menjadi rusak alasannya ialah rasanya yang terlampau manis. Padahal cokelat intinya tidak berasa manis namun berasa pahit pada dikala masih berbentuk kakao. Rasa manis yang timbul dari cokelat tersebut hanyalah varian dari produsen masakan untuk menambah cita rasa dari cokelat supaya terlihat menarik dan cocok di pengecap anak-anak.

 Mungkin sudah banyak sahabat fahrinheit mengenal masakan yang satu ini Kandungan dan Nutrisi yang Ada di Dalam Kakao (Cokelat)
Namun mungkin banyak yang tidak tahu bahwa di balik rasa manisnya cokelat, masakan ini juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat anggun untuk kesehatan tubuh. Nah apakah anda sudah tahu kandungan dan nutrisi apa saja yang ada dalam kakao tersebut? Jika anda belum tahu oleh alasannya ialah itu pada kesempatan ini fahrinheit akan membahas kandungan dari cokelat serta keuntungannya bagi kesehatan tubuh yang sanggup anda simak pada artikel ini.

Cokelat murni ataupun biji kakao mengandung nutrisi yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh diantaranya kaya akan antioksidan dan flavonoid yang sanggup membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi sehingga sangat cocok bagi mereka yang mengidap penyakit hipertensi. Selain itu kakao juga sanggup membantu kerja trombosit dengan mengurangi pembekuan darah atau secara gamblangnya masakan ini ini sanggup menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan serangan stroke.

Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Atasi Perut Kembung dan Buncit

Oleh alasannya ialah manfaat cokelat di atas tersebut para ilmuwan pun sangat menyarankan konsumsi 20gr dark chocolate setiap 3 hari sekali untuk meningkatkan kerja sistem kardiovaskuler. Namun perlu diingat! Para ilmuwan hanya menyarankan konsumsi 20gr tiap 3 hari sekali alasannya ialah bila terlalu berlebihan mengkonsumsi kakao tidak akan besar lengan berkuasa lebih baik malah sanggup menimbulkan kelebihan berat tubuh (obesitas) bila dimakan terlalu banyak. Nah kemudian nutrisi apa saja yang terkandung di dalam kakao? Berikut ini fahrinheit jabarkan kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalam cokelat :

1. Gula

Biji kakao mengandung cukup banyak karbohidrat, tapi umumnya pati, serat tidak larut dan larut, serta sangat sedikit gula sederhana. Biasanya gula ditambahkan ke dalam cokelat pada dikala proses pengolahan di pabrik.

2. Lemak

Cokelat mengandung sekitar 50% lemak. Lemak cokelat ini terdiri dari dua jenis asam lemak jenuh (palmitic jenuh dan stearic acid) serta satu asam lemak tidak jenuh tunggal (oleic acid)

3. Vitamin

Cokelat mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak yakni vitamin A, B1, B2, B3, C, E dan asam pantotenat

4. Kafein

Tidak hanya pada kopi, kakao pun juga mengandung kafein. Namun kadar kafein yang ada di dalam cokelat sangat rendah jauh berbeda di bawah kafein yang ada di dalam kopi dan teh.

5. Antioksidan

Cokelat juga mengandung polifenol menyerupai yang ada pada minuman anggur yang berfungsi sebagai antioksidan. Antiokasidan ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Mineral esensial

Cokelat mengandung banyak mineral termasuk magnesium, kalsium, zat besi, tembaga, potassium dan mangan.

7. Kalori

Cokelat (khususnya dark chocolate) mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi alasannya ialah mempunyai kadar gula dan lemak yang tinggi sehingga sanggup menimbulkan rasa cepat kenyang. Namun jangan terlalu sering mengkonsumsi cokelat alasannya ialah kalorinya yang tinggi ini sanggup menimbulkan kelebihan berat badan.

8. Feniletilamin

Feniletilamin ialah zat yang berkhasiat sebagai antidepresan yang ringan dan stimulan (perangsang) dengan kekuatan yang hampir sama dengan dopamine dan adrenalin yang diproduksi oleh tubuh (yang mana hormon ini berkhasiat untuk menciptakan tubuh menjadi lebih aktif). Nah jadi bagi yang lagi depresi, galau, stress dan lain sebagainya maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi cokelat.

Nah itulah tadi nutrisi yang terkandung di dalam biji kakao. Sangat aneka macam bukan dan tentunya semua mempunyai manfaat yang sangat anggun untuk kesehatan. Oleh alasannya ialah itu jangan takut untuk memakan cokelat alasannya ialah coklat sangat anggun dimakan untuk dikonsumsi alasannya ialah kandungannya yang sangat baik untuk tubuh. Namun konsumsinya pun harus diperhatikan pula alasannya ialah bila dikonsums berlebihan sanggup menciptakan berat tubuh menjadi naik. Demikian artikel fahrinheit kali ini mengenai nutrisi dan kandungan kakao. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : inform-kesehatan
Kandungan Dan Nutrisi Yang Ada Di Dalam Kakao (Cokelat)
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.