12 Alasan Kenapa Pns Menjadi Pekerjaan Cita-Cita Anak Muda Zaman Sekarang

Alasan PNS jadi Pekerjaan Impian - , Hai Para Pejuang PNS, apa kabar? Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) tentunya menjadi pekerjaan keinginan yang digandrungi anak muda di zaman sekarang. Seperti yang kita ketahui terhitung semenjak bulan September lalu, pemerintah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi membuka lowongan penerimaan CPNS Tahun 2018. Pendaftaran CPNS Tahun 2018 ini dibuka semenjak tanggal 26 September sampai 15 Oktober lalu. Pendaftaran CPNS tahun ini dilaksanakan secara online dengan cara menciptakan akun dan mendaftarkan diri ke situs resmi penerimaan cpns yakni sscn.bkn.go.id

 tentunya menjadi pekerjaan keinginan yang digandrungi anak muda di zaman kini 12 Alasan Kenapa PNS Menjadi Pekerjaan Impian Anak Muda Zaman Sekarang
Sejak ditutupnya pendataran CPNS semenjak tanggal 15 Oktober kemudian diketahui ada sebanyak 4.436.694 orang yang menciptakan akun namun yang berhasil mendaftarkan diri secara lengkap hanya 3.627.981. Ya hal ini memang di luar ekspektasi pemerintah lantaran dugaan awal pelamar ada sekitar 6-8 juta orang. Hal ini juga mungkin disebabkan lantaran jaringan yang tidak merata di semua kawasan serta server SSCN yang sering bermasalah pada ketika pelamar ingin melaksanakan pendaftaran. Namun pemerintah tentunya juga sudah berupaya meningkatkan perbaikan demi kelancaran penerimaan CPNS ini ibarat meningkatkan perbaikan jaringan dan server, perpanjangan masa registrasi yang awalnya berakhir 10 Oktober menjadi 15 Oktober, dan lain-lainnya.

Nah kembali ke topik, ibarat yang sudah disebutkan di atas jumlah pelamar yang berhasil melaksanakan login ada sebanyak 3,6 juta lebih. Walaupun ini masih di bawah ekspektasi pemerintah namun jumlah pelamar yang mendaftar CPNS ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah. Jika dilihat secara angka jumlah pelamar CPNS tahun ini memang lebih banyak dibanding tahun 2014 sebelum pelaksanaan moratorium yang hanya 2,4 juta. Banyak faktor yang mengakibatkan kenapa jumlah pelamar CPNS tahun ini menjadi paling banyak dalam sejarah, salah satunya ialah lantaran adanya moratorium dari pemerintah semenjak tahun 2014 lalu. Namun bukan hanya itu saja ada banyak faktor mengapa banyak yang mengimpikan menjadi seorang PNS. Mau tahu alasannya? Yuk simak beberapa alasan PNS masih menjadi pekerjaan keinginan anak muda zaman kini di bawah ini :

1. Memiliki Pekerjaan Tetap

Salah satu alasan seseorang mengidam-idamkan menjadi PNS ialah lantaran mempunyai status pekerjaan tetap. Ya dengan menjadi PNS maka status pekerjaan akan terjamin tanpa takut di PHK. Tidak peduli kondisi pasar ibarat apapun maka status PNS akan tetap terjamin oleh negara selama tidak menyalahi hukum dalam bekerja.

Baca Juga : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia

2. Mendapatkan Gaji Tetap

Nah untuk alasan yang kedua ini juga mengakibatkan PNS menjadi pekerjaan keinginan banyak orang. Dengan menjadi PNS maka akan mendapat honor yang tetap tanpa tuntutan besar dalam pekerjaan. Gaji akan tetap turun setiap awal bulan tidak ibarat pekerjaan lain yang mungkin pendapatannya tidak tetap serta penggajian yang tidak niscaya kapan turunnya.

3. Mendapatkan Tunjangan Kinerja

Selain honor pokok yang didapat masih ada sumbangan lain ibarat sumbangan kinerja, sumbangan makan, sampai sumbangan keluarga dan sumbangan hari renta yang sanggup menjamin masa renta PNS. Tentunya banyak yang berpikir sungguh yummy menjadi PNS lantaran semua sudah dijamin oleh Negara yang mungkin tidak akan didapatkan di pekerjaan lainnya. Sangat masuk akal bukan bila PNS menjadi pekerjaan yang sangat diimpikan?

4. Pekerjaan Santai

Salah satu alasan besar mengapa seseorang lebih menginginkan menjadi seorang PNS ialah pekerjaannya yang santai. Tidak ibarat pekerjaan lain yang lebih menguras tenaga dan fisik, dengan menjadi seorang PNS maka sanggup sambil bersantai dalam mengerjakan pekerjaannya.

5. Memiliki Waktu Luang

Menjadi seorang PNS menciptakan kita mendapat waktu luang lebih banyak dibandingkan beberapa pekerjaan lain yang akan lebih menguras waktu. Dengan waktu kerja yang terperinci dan rata-rata hanya 5-6 hari dalam seminggu membuatmu mempunyai waktu luang. Waktu luang ini sanggup dimanfaatkan untuk beristirahat, berolahraga, mengerjakan hobi yang lain atau mengerjakan pekerjaan sampingan.

6. Memperoleh Jenjang Karir

Ketika menjadi PNS maka akan memperoleh jenjang karir dan pendidikan serta pengalaman yang sudah anda tempuh akan lebih dihormati. Saat menjadi PNS, eselon awal akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir dan secara terencana tingkat eselon tersebut akan meningkat. Tentunya dengan adanya peningkatan karir ini maka sumbangan yang akan anda dapatkan juga menjadi lebih besar.

7. Mendapatkan Ketenangan di Masa Tua (Pensiun)

Seperti yang sudah disebutkan pada poin nomor 2 bahwa dengan menjadi PNS maka akan mendapat banyak sekali macam sumbangan kinerja yang salah satunya ialah sumbangan di hari renta / pensiun. Banyak yang berpikiran dengan menjadi PNS maka masa tuanya akan menjadi lebih hening walaupun sudah tidak bekerja lagi. Hal ini biasanya menjadi salah satu alasan besar kenapa PNS menjadi suatu pekerjaan impian.

8. Gengsi di Masyarakat

Tidak sanggup dipungkiri untuk factor yang satu ini memang masih banyak terjadi di masyarakat. Masih banyak pandangan yang muncul di masyarakat kalau menjadi PNS yaitu pekerjaan yang bergengsi dan sangat terhormat. Orang yang menjadi PNS mempunyai seragam yang ‘keren’ dan pastinya akan lebih dihormati di lingkungannya. Oleh lantaran itu hal inilah yang sering mengakibatkan anak muda zaman kini banyak berimpian untuk menjadi seorang PNS

9. SK PNS sanggup Digadaikan

Nah untuk yang satu ini juga sering menjadi alasan anak muda zaman kini lebih menentukan menjadi seorang PNS yakni SK yang sanggup digadaikan ke bank. Memang tidak sanggup dipungkiri kebanyakan PNS menggadaikan SKnya ke bank untuk banyak sekali keperluan dari untuk modal perjuangan sampingan, membeli kendaraan beroda empat atau rumah dan lain sebagainya

10. Memiliki Kesempatan Berwirausaha Sambil Bekerja

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 5 bahwa dengan mempunyai waktu luang dengan menjadi PNS maka akan membuka kesempatan untuk melaksanakan bisnis sampingan / berwirausaha. Banyak pekerjaan sampingan yang biasanya dilakukan oleh PNS ibarat berdagang, jualan pulsa, perjuangan fotokopi dan ATK serta masih banyak lagi lainnya yang tentu sanggup menambah penghasilan.

11. Dapat Melanjutkan Pendidikan Sambil Bekerja

Salah satu kelebihan menjadi PNS ialah sanggup melanjutkan pendidikan tanpa perlu mengkhawatirkan problem pekerjaan. Ya dengan mengikuti izin berguru atau kiprah berguru dari instansi terkait maka seorang PNS sanggup melanjutkan pendidikannya tanpa harus mengkhwatirkan honor yang didapatkan. Bahkan bila memungkinkan maka biaya pendidikan pun akan dijamin oleh pemerintah. Namun hal ini juga tidak didapatkan dengan cara gampang lantaran anda harus menunjukkan performance kerja yang baik serta menawarkan tekad yang besar lengan berkuasa untuk meningkatkan kapasitas kerja.

Baca Juga : 3 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

12. Membangun Sistem Pemerintahan Menjadi Lebih Baik

Untuk alasan yang satu ini patut diacungi jempol. Sebagai anak muda yang kreatif dan inovatif sudah tentunya mempunyai andil dalam membangun sistem pemerintahan biar menjadi lebih baik. Tidak hanya berkoar-koar memberikan kritik di media social dan demonstrasi di jalan, anda juga sanggup memberikan inspirasi dan gagasan secara pribadi dengan cara masuk ke dalam sistem dan turut andil dalam merubah dan menciptakan kebijakan. Tentunya dengan hal nyata ibarat ini dampaknya akan terasa pribadi ke masyarakat dan negara.

Nah itulah tadi beberapa alasan kenapa PNS masih menjadi pekerjaan keinginan setiap orang di zaman sekarang. Kira-kira dari 12 poin di atas yang manakah menjadi alasan anda untuk menjadi seorang PNS? Tentunya harus bertujuan nyata ya biar pekerjaan yang dilakukan nantinya juga menjadi berkah. Luruskan niat anda bila memang ingin menjadi seorang PNS biar menjadi aparatur negara yang baik. Terus semangat berusaha Para Pejuang PNS biar mendapat hasil yang maksimal. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi semuanya. See ya.
12 Alasan Kenapa Pns Menjadi Pekerjaan Cita-Cita Anak Muda Zaman Sekarang
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.