Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Matic Boros Materi Bakar

Mengatasi Penyebab Matic Boros - , Di abad kini harga minyak dunia tidak sanggup diperkirakan, terkadang harga materi bakar motor sanggup melonjak drastis, terutama bagi materi bakar non subsidi. Bagi anda yang mengharuskan penggunaan kendaraan bermotor setiap harinya ketika beraktifitas tentunya harus memakai materi bakar secara efisien untuk menghemat kantong. Namun apa akhirnya kalau motor anda boros materi bakar? Tentunya anda harus kerepotan kalau harus mengatur uang untuk penggunaan materi bakar motor.

 Di abad kini harga minyak dunia tidak sanggup diperkirakan Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Boros Bahan Bakar
Salah satu motor yang sangat digemari ketika ini yakni motor matic. Motor matic menjadi idola lantaran fasilitas dalam mengoperasikannya tidak menyerupai motor manual. Namun di balik semua fasilitas itu motor matic juga populer sangat boros materi bakar. Mungkin banyak pengguna motor matic yang sering mengalami duduk masalah ini, motor maticnya tiba-tiba menjadi boros materi bakar tanpa disadari. Salah satu alasan penyebab motor matic menjadi boros yakni banyaknya penggunaan gear pada motor matic dibandingkan gear motor tidak otomatis (manual). Pada gear motor manual sanggup diatur dengan memakai perseneling sehingga sanggup mengatur laju RPM (Rotasi Per Menit) dan menimbulkan pembakaran menjadi lebih efisien, sedangkan pada gear motor matic tidak ada perseneling (otomatis) sehingga menjadikannya sulit mengatur RPM dan materi bakar menjadi boros.

Di luaran sana mungkin juga banyak produk-produk yang memperlihatkan alat untuk menghemat materi bakar yang berbentuk sejenis pil. Memang produk tersebut diakui sanggup menghemat pembakaran motor biar lebih efisien namun hal ini juga tergantung penyebabnya. Ada beberapa penyebab motor matic menjadi boros (selain faktor gear) yang tidak sanggup diatasi kalau bukan mengatasi sumber masalahnya. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa penyebab motor matic menjadi boros materi bakar :

1. Masalah Filter Udara

Pada motor matic terdapat filter udara yang berfungsi menyaring udara. Apabila cuilan filter udara ini kotor maka distribusi udara ke ruang materi bakar menjadi mampet dan tersendat sehingga sanggup mengakibatkan penggunaan materi bakar menjadi berlebihan.

2. Busi Sudah Aus

Busi menjadi salah satu penyebab borosnya materi bakar pada motor matic. Cara untuk mengatasinya ialah menggantinya dengan busi yang baru.

3. Pembakaran Motor Tidak Sempurna

Penyebab lain dari borosnya materi bakar pada matic juga sanggup disebabkan proses pembakaran yang tidak tepat lantaran jarak renggang pada valve atau klep yang tidak sesuai dengan standar pabrikan. Untuk mengatasinya ialah dengan memakai materi bakar oktan tinggi lantaran pembakarannya lebih tepat walaupun harganya lebih mahal sedikit tentunya.

4. Motor Lewat Masa Servis

Motor yang baik yakni motor yang selalu diservis dan dirawat dengan baik. Apakah motor anda sudah diservis di bengkel resmi? Salah satu penyebab motor menjadi boros materi bakar yakni lantaran motor jarang diservice sehingga beberapa part motor tidak mendapat perawatan dan bekerja dengan terpaksa.

5. Motor Dipanaskan Terlalu Lama

Jangan memanaskan motor terlalu usang lantaran akan menciptakan materi bakar menjadi boros. Cukup panaskan motor 3-5menit saja setiap harinya sebelum motor dipakai.

6. Oli Motor Habis

Penyebab matic boros lainnya yakni lantaran oli mesin yang sudah habis. Hal ini mengakibatkan tarikan mesin menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya anda harus melaksanakan perawatan dengan mengganti oli motor secara berkala.

Nah itulah tadi beberapa penyebab motor matic menjadi boros. Lalu bagaimana cara mengatasinya dan menciptakan motor matic anda menjadi ekonomis materi bakar? Berikut beberapa cara yang sanggup anda lakukan biar matic anda tidak boros materi bakar :

1. Jangan Memanaskan Mesin Motor Terlalu Lama

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pemanasan motor yang terlalu usang mengakibatkan materi bakar menjadi terbuang sia-sia. Mungkin banyak pengendara motor yang beranggapan memanaskan motor sedikit usang sanggup menciptakan motor menjadi lebih abadi dan dalam kondisi baik namun hal tersebut hanyalah membuang-buang materi bakar anda. Untuk memanaskan motor cukup diharapkan waktu 3-5 menit saja dan berdasarkan para jago paling maksimal sampai 10 menit. Tujuan utama dari pemanasan motor ini ialah untuk mengatakan waktu pada oli untuk melumasi part-part yang ada di dalam mesin sehingga motor menjadi lebih siap ketika digunakan nantinya.

2. Berkendara dengan Putaran Gas yang Stabil

Salah satu penyebab motor menjadi boros materi bakar ialah gaya pengendara yang terlalu sering melaksanakan 'stop and go' ketika mengendarai motor. Putaran gas yang tidak teratur mengakibatkan ajaran materi bakar menjadi turun naik dan menjadi tidak maksimal sehingga otomatis pemakaian materi bakar juga menjadi berlebihan. Selain itu putaran gas yang tidak stabil juga mengakibatkan kampas menjadi cepat aus. Berkendaralah dengan putaran dan irama gas yang stabil sehingga pembakaran motor menjadi lebih irit. Batasan yang anggun untuk putaran gas yakni sekitar 3000-5000RPM atau dengan batasan kecepatan stabil sampai 60 km/jam.

3.  Ganti Oli Motor Secara Berkala dan Sesuai

Gantilah oli motor matic anda sesuai dengan yang diperuntukkan untuk matic. Oli ini akan mempunyai kegunaan untuk menjaga performa motor biar selalu dalam keadaan maksimal. Selain itu kalau mengganti oli secara terencana maka oli sanggup bekerja maksimal dengan melumasi komponen-komponen mesin sehingga pembakaran mesin menjadi lebh hemat.

4. Selalu Periksa Sistem Pengapian

Bagi pengendara motor matic yag masih memakai karburator sangat disarankan untuk selalu mengusut sistem pengapian secara berkala. Dengan melaksanakan investigasi secara terencana maka anda sanggup mengontrol sistem pengapian biar selalu normal dan bekerja efisien.

5. Selalu Membersihkan Filter Udara Secara Berkala

Filter udara yang kotor mengakibatkan ajaran udara menjadi tersumbat sehingga pemakaian materi bakar menjadi boros. Selalu bersihkan filter udara motor matic anda secara terencana biar tidak terjadi penyumbatan dan sanggup bekerja lebih maksimal. Para jago menyarankan pencucian saringan udara dilakukan setiap mencapai 15.000 km. Untuk membersihkan filter udara tergantung pada jenis filter yang digunakan lantaran setiap jenis filter mempunyai cara pencucian yang berbeda-beda. Agar lebih jelasnya anda sanggup melihat pada artikel Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Berdasarkan Jenisnya.

6. Menggunakan Bahan Bakar dengan Oktan Tinggi

Memakai materi bakar dengan oktan tinggi mengakibatkan pembakaran menjadi lebih sempurna. Anda sanggup membandingkannya sendiri pada ketika memakai materi bakar oktan tinggi (pertamax) dengan materi bakar oktan rendah (bensin) yang mana yang lebih irit. Tentunya kalau motor dalam keadaan normal maka materi bakar oktan tinggi menjadi lebih hemat lantaran pembakarannya yang lebih bagus. Selain itu performance motor yang dihasilkan juga menjadi lebih anggun lantaran materi bakar oktan tinggi sanggup membersihkan karbon sisa pembakaran motor.

Nah itulah tadi penyebab dan cara mengatasi motor matic yang boros materi bakar. Selalu rawat dan jaga motor anda dengan baik. Bawalah ke bengkel resmi secara terencana untuk mendapat asupan perawatan yang bagus. Perawatan motor yang anggun tentunya akan menghasilkan motor yang lebih abadi dan tahan lama. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Matic Boros Materi Bakar
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.