Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Yang Kotor Menurut Jenisnya

Saringan udara motor atau biasa juga disebut filter udara yaitu pecahan motor yang harus selalu dibersihkan dan dirawat dengan baik. Saringan udara merupakan salah satu komponen motor yang sangat berperan dalam performance motor. Seperti namanya, saringan udara ini berfungsi menyaring udara yang masuk dari luar semoga pembakaran mesin berjalan dengan optimal. Apabila saringan udara usang tidak dibersihkan maka akan menjadi kotor dan tentunya udara akan menjadi tersumbat sehingga akan mengganggu performance motor. Oleh alasannya itu perawatan saringan udara ini harus dilakukan rutin secara berkala.

 Saringan udara motor atau biasa juga disebut filter udara yaitu pecahan motor yang harus  Cara Membersihkan Saringan Udara Motor yang Kotor Berdasarkan Jenisnya
Untuk membersihkan saringan udara motor yang kotor sanggup anda lakukan sendiri alasannya letaknya yang sangat gampang dijangkau. Namun untuk membersihkannya tidaklah sembarangan alasannya saringan udara motor ada beberapa jenis dan membersihkannya pun tergantung jenis-jenisnya. Nah sebelum anda mengetahui cara membersihkan saringan udara motor yang kotor, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis saringan udara motor terlebih dahulu. Apa sajakah itu?

1. Saringan Udara Motor Konvensional

Jenis saringan udara motor yang pertama ini merupakan penyaring terbuat dari materi busa atau spon. Saringan udara motor jenis konvensional ini biasanya terdapat pada motor yang diproduksi sebelum tahun 2005.

2. Saringan Udara Motor Kering

Selanjutnya yaitu saringan udara motor kering atau biasa dikenal dengan filter dry element. Saringan udara motor kering terbuat dari material kertas yang lebih tebal dan tidak gampang rusak sehingga cara membersihkannya pun lebih gampang dibandingkan dengan saringan udara jenis konvensional. Biasanya saringan udara ini sering terdapat pada motor-motor yang memakai karburator.

3. Saringan Udara Motor Basah

Jenis saringan udara terakhir yaitu saringan udara motor berair atau biasa disebut filter wet element. Bahan pembuatnya hampir menyerupai dengan saringan udara kering, yang membedakannya yaitu pada saringan udara ini terdapat pelumas khusus yang berfungsi untuk menangkap kotoran atau debu sehingga sanggup melindungi ruang bakar mesin lebih optimal. Untuk perawatannya tidak sanggup sembarangan alasannya jikalau dicuci dengan sikat, air ataupun pompa angin tekanan tinggi justru sanggup menghilangkan pelumas yang terdapat pada saringan udara. Jenis saringan udara ini sanggup mengoptimalkan performa mesin alasannya desain rongganya yang lebih besar sehingga sirkulasi udara berlangsung lebih lancar. Biasanya saringan udara jenis ini banyak dijumpai pada motor-motor jenis matic maupun injeksi.

Nah itulah tadi sekilas jenis-jenis saringan udara. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Tiap-tiap saringan udara tentunya mempunyai perawatan yang berbeda menurut jenisnya. Berikut cara membersihkan masing-masing saringan udara :

1. Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Konvensional

Untuk melihat saringan udara sudah apakah masih sanggup dipakai atau tidak ialah dengan melihat pada permukaan busa atau spon apakah sudah mulai rusak atau tidak rata dan banyak berlubang. Jika kondisinya sudah sangat kotor dan tidak sanggup dibersihkan maka harus diganti dengan yang baru. Namun jikalau masih sanggup dibersihkan maka anda sanggup membersihkannya dengan cara memakai pompa air bertekanan tinggi (kompressor). Bahkan jenis saringan udara ini sanggup dicuci dengan memakai bensin atau direndam dalam air sabun kemudian dikucek-kucek secara perlahan hingga bersih.

Apabila sudah selesai membersihkannya maka anda sanggup mengeringkannya dengan cara diperas namun tidak dipelintir alasannya materi sponya yang sangat gampang rusak. Agar saringan udara bekerja maksimal anda sanggup melumasinya dengan sedikit oli secara merata. Oli ini berfungsi semoga debu dan kotoran tidak ikut masuk pada ketika udara disaring. Sangat disarankan untuk membersihkan saringan udara konvensional secara terencana setiap bulannya. Para hebat menyarankan untuk mengganti saringan udara konvensional apabila sudah mencapai jarak tempuh 16.000 km.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Matic Cepat Boros

2. Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Kering (Filter Dry Element)

Cara membersihkan jenis saringan udara motor kering ini sanggup dilakukan dengan cara memakai kompresor angin bertekanan tinggi dan diarahkan di sela-sela filter. Untuk menyemprotnya lakukan dari arah berlawanan dengan udara masuk. Saringan udara ini dihentikan dicuci dengan air sabun atau direndam dalam bensin alasannya sanggup membuatnya menjadi rusak. Untuk pemakaiannya para hebat menyarankan menggantinya setiap jarak tempuh 8000-9000 km.

Perawatan saringan udara motor kering memang sangat gampang dibandingkan saringan udara lainnya alasannya bahannya yang lebih tebal sehingga tidak cepat gampang rusak. Namun jikalau anda melihat pada saringan udara nampak bolong, sirip saringan kertas sudah bengkok maka anda harus menggantinya dengan saringan udara yang gres alasannya sudah tidak anggun untuk digunakan

3. Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Basah (Filter Wet Element)

Saringan udara motor tipe berair ini mempunyai cara khusus untuk membersihkannya alasannya jikalau salah justru akan merusak pelumas yang ada didalamnya. Anda dihentikan membersihkannya dengan memakai kompresor ataupun dicuci / disikat. Untuk membersihkannya anda hanya perlu memukul-mukulnya sedikit atau dilap dengan kain secara perlahan. Namun jikalau debu dan kotoran memang sudah sangat tebal maka lebih baik disarankan untuk mennganti saringan udaranya saja.

Itulah tadi jenis-jenis saringan udara motor dan bagaimana cara membersihkannya. Dengan mengetahui jenis saringan udara motor anda maka anda sanggup membersihkannya dengan benar alasannya setiap jenis mempunyai perawatan yang berbeda. Apabila tidak dilakukan perawatan maka tentunya akan berakibat fatal bagi motor menyerupai bahan bakar motor cepat boros, performa motor tidak optimal, dan lain-lainnya. Oleh alasannya itu sangat disarankan untuk selalu mengecek dan merawat motor anda. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Membersihkan Saringan Udara Motor Yang Kotor Menurut Jenisnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.