Cara Entri Kunjungan Sehat Di P-Care (Primary Care) Bpjs Kesehatan

Cara Entri Kunjungan Sehat P-Care - , BPJS Kesehatan tentunya selalu berupaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya demi membantu pemerintah mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. BPJS Kesehatan selalu mencanangkan kegiatan-kegiatan yang tidak hanya berfokus pada pengobatan tetapi juga tindakan pencegahan penyakit (kuratif) serta peningkatan kesehatan (promotif). Selain melayani kunjungan pada akseptor yang sakit, BPJS Kesehatan juga menyediakan kunjungan bagi para akseptor yang sehat untuk mencegah dan meningkatkan pengetahuan pesertanya semoga tidak terjadinya penyakit.

Salah satu aktivitas yang diusung oleh BPJS Kesehatan ialah melalui kunjungan sehat. Kunjungan sehat dimaksudkan semoga para akseptor mendapat pengetahuan mengenai duduk kasus kesehatan yang dialaminya atau di sekitarnya lingkungannya. Kunjungan sehat mencakup aktivitas kunjungan rumah (home visite), konseling mengenai kesehatan sampai sumbangan imunisasi kepada para anak untuk mencegah terjadinya penyakit. Kunjungan sehat ini wajib dilaksanakan oleh Klinik/Puskesmas selaku Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang tentunya paling sering berinteraksi dengan para akseptor JKN-KIS.

Sama halnya dengan kunjungan sakit, setiap FKTP yang melaksanakan kunjungan sehat wajib mendaftarkan (mengentrikan) pesertanya di dalam aplikasi P-Care. Tujuan pengentrian tersebut ialah semoga diketahui capaian angka kontak komunikasi yang sudah didapat oleh FKTP dalam melaksanakan pelayanan kesehatan khususnya pada aktivitas kunjungan sehat. Kunjungan sehat bukan berarti harus melalui kunjungan rumah, namun setiap kontak yang dilakukan oleh petugas kepada para akseptor BPJS Kesehatan dalam rangka upaya peningkatan kesehatannya baik itu dalam aktivitas posyandu, posbindu, poslansia, penyuluhan ataupun konseling melalui media umum atau telepon.

Semua kontak tersebut harus dientrikan ke dalam P-Care. Lalu bagaimana cara mengentrikannya? Bagi anda yang masih belum mengetahui caranya bekerjsama caranya sangat mudah, oleh alasannya itu kini fahrinheit akan membuatkan caranya. Untuk mengentri pasien dengan kunjungan sehat di FKTP masing-masing adapun langkah-langkahnya adalah:

Baca Juga : Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Prolanis BPJS Kesehatan

1. Masuk ke website P-Care. Setelah masuk, silahkan login memakai username serta password FKTP anda yang sudah diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kabupaten masing-masing.

2. Setelah masuk ke beranda selanjutnya pilih opsi 'Entri Data' yang ada pada sajian bar. Kemudian pilih sajian 'Pendaftaran Pasien'.

3. Setelah masuk ke sajian registrasi pasien silahkan masukkan nomor kartu JKN-KIS pasien yang sudah dilakukan kunjungan sehat. Apabila sudah selanjutnya klik 'Cari'.

4. Secara otomatis muncul data akseptor yang sudah dilakukan kunjungan sehat sebelumnya. Silahkan isi data di bawah gosip pasien. Pada pilihan jenis kunjungan silahkan klik pada opsi kunjungan sehat. Pilih aktivitas sehat yang sudah dilakukan apakah dilakukan home visit, konseling, imunisasi atau yang lainnya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat pada gambar di bawah ini:

5. Selanjutnya isi data investigasi dan pengkajian fisik pasien yang mendapat kunjungan sehat mencakup tinggi badan, berat badan, tekanan darah, respirasi serta denyut nadi. Jika sudah selanjutnya klik Simpan. Secara otomatis maka data pasien kunjungan sehat sudah dimasukkan. Untuk memastikan data sudah masuk atau belum sanggup anda klik refresh pada data registrasi menyerupai gambar di bawah ini:

Nah itulah tadi cara melaksanakan entri kunjungan sehat BPJS Kesehatan melalui P-Care (Primary Care). Sangat gampang sekali bukan? Anda pun sanggup melakukannya sendiri jikalau sudah terbiasa. Jangan lupa untuk selalu memasukkan semua kunjungan sehat yang dilakukan di FKTP kalian masing-masing setiap bulannya ya semoga capaian FKTP selalu maksimal. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

NB : Ada update P-Care terbaru versi 2.0.0 sehingga link menuju P-Care yang usang tidak sanggup diakses. Untuk link P-Care yabg terbaru sudah kami update di atas pada langkah nomor 1.
Cara Entri Kunjungan Sehat Di P-Care (Primary Care) Bpjs Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.