Twitter Jadi Aplikasi Berita

Twitter sekarang mengubah kategorinya di toko aplikasi mobile sebagai aplikasi isu Twitter Makara Aplikasi Berita
Twitter sekarang mengubah kategorinya di toko aplikasi mobile sebagai aplikasi berita.

Senior Director, Business Development untuk Twitter Asia Pacific, Arvinder Gujral, mengatakan Twitter lebih tertarik untuk berinvestasi pada konten video live streaming.

Gujral menjelaskan, Twitter lebih ingin menyuguhkan konten yang bersifat live dan breaking bagi penggunanya. 

Twitter ingin mengkhususkan diri pada konten yang bersifat real time. Baik konten berupa teks, video maupun foto. Sampai-sampai, Twitter sekarang mengubah kategorinya di toko aplikasi mobile sebagai aplikasi berita.

"Kami tertarik di live video. Kami banyak berinvestasi di sana tahun kemudian dan akan terus begitu hingga selesai tahun ini. Jika Anda menyadari mengapa Twitter masih bertahan, Twitter memperlihatkan bagaimana (situasi) dunia di sekitar Anda. Live and breaking. Dulunya hanya ada live tweets berupa teks dalam 140 karakter. Kini breaking juga bisa hadir dalam live video. Jadi, tweet sudah berevolusi dan video bisa Anda berikan bersamaan dengan tweet,” terangnya.

Menurut catatan AdWeek, Twitter memang mulai menyandarkan hidupnya di fitur live video ibarat program NFL (National Football League - liga olahraga football di Amerika Serikat) dan MLB (Major League Baseball - liga baseball profesional di Amerika Serikat). Keduanya sempat disiarkan eksklusif oleh NBC dan Bloomberg.Sementara Buzzfeed telah memakai Twitter untuk menyiarkan berita-berita politik semenjak 2016.

Gujral juga menjelaskan bahwa Twitter telah banyak mencar ilmu bahwa konten-konten dari penerbit tersebut bermanfaat bagi pengguna dan bagi bisnis Twitter. Banyak analis juga memprediksi bahwa masa depan Twitter yakni live streaming.

"Twitter memberi pengiklan kemampuan untuk menjangkau khalayak. (Khalayak ini) paling terlibat dalam konteks yang sempurna (dan) pada waktu yang tepat. Kami memfokuskan investasi kami pada produk pendapatan yang memperkuat proposisi nilai unik kami, terutama di live dan video," ujar COO Twitter, Anthony Noto dalam sebuah pernyataan di AdWeek awal tahun ini.

"Kami mendengar umpan balik positif dari kawan iklan kami wacana percepatan dan pertumbuhan pemirsa yang terus berlanjut," tandasnya.

Selain itu, Gujral juga menambahkan bahwa Twitter sekarang berfokus pada perbaikan fitur-fitur yang akan dihadirkan di masa depan. 

“Jika Anda melihat enam bulan belakangan, Anda akan melihat bahwa kami sudah melaksanakan perbaikan besar-besaran di Twitter. Kami belum pernah melaksanakan perbaikan sebesar itu dan tren itu akan terus dilanjutkan,” kata dia.

Twitter juga akan serius menggarap platform customer service dan chatbots untuk pengguna enterprise. Mereka akan memanfaatkan fitur Direct Message (DM) untuk memperbaiki pelayanan konsumen merek lokal maupun global. Di Indonesia, salah satu perbankan nasional telah memanfaatkan fitur ini.

“Tim kami membuatkan platform customer service dan chatbots. Kami punya DM di Twitter. Banyak merk yang meminta fitur itu ibarat merek global Pizza Hut dan e-commerce demi memperlihatkan pelayanan konsumen yang lebih baik. Mereka menggunkan DM kami untuk chatbot," papar Gujral.

"Jadi, mereka bisa menjalankan autoreply di DM, memberi notifikasi ketika barang sudah diantar, dan (hal) lainnya secara otomatis. Makara Twitter tidak hanya menjadi paltoform yang baik untuk pelayanan pelanggan, tetapi juga baik sebagai platform enterprise. Kami ingin fokus di sana,” pungkasnya. (CNN)

Twitter Jadi Aplikasi Berita
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.