Tes Nomophobia, Cara Mengetahui Seorang Pecandu Smartphone

Tes Nomophobia Mengetahui Pecandu Smartphone - , Zaman kini teknologi semakin maju dengan banyak sekali macam gadget yang menyediakan teknologi canggih sehingga sangat memanjakan para penggunanya, termasuk smartphone / ponsel. Mungkin anda sering merasakannya pada diri anda sendiri ataupun orang terdekat anda bahwa sehari tanpa memakai smartphone maka akan terasa sangat tersiksa dan berpikir 'nothing to do' atau 'no life'. Ternyata ketakutan hidup tanpa smartphone / gadget ini merupakan suatu penyakit lo yang dinamakan dengan nomophobia.

Tes Nomophobia Mengetahui Pecandu Smartphone Tes Nomophobia, Cara Mengetahui Seorang Pecandu Smartphone
Nomophobia merupakan kependekan dari no mobile phone phobia dimana disini orang yang menderita ini akan merasa takut atau cemas apabila jauh dari smartphone seolah smartphone sudah menjadi candu baginya. Selain itu juga akan mencicipi perasaan dan pikiran akan terganggu kalau dalam beberapa waktu tidak mendapatkan informasi / berkomunikasi dengan smartphonenya. Bukan hanya rasa cemas jauh dari smartphone, pada tingkat lanjut malah mengakibatkan ketakutan berlebih ibarat rasa was-was kehabisan baterai sebab ketinggalan charger atau powerbank.

Untuk mengetahui seseorang apakah menjadi pecandu smartphone atau tidak sanggup dengan melaksanakan tes nomophobia. Tes ini merupakan pengukuran untuk mengetahui apakah seseorang terkena nomophobia dengan memakai beberapa instrumen pertanyaan. Tes nomophobia ini merupakan instrumen penelitian yang dipakai oleh  Iowa State University. Tes ini memakai 20 poin pertanyaan yang akhirnya nanti akan dikalkulasi untuk mengetahui tingkat nomophobia seseorang.

Bagi anda yang ingin mencoba tes nomophobia ini sanggup melakukannya di bawah ini sebab fahrinheit akan melampirkan instrumen dan bagaimana cara perhitungannya. Ada 20 pertanyaan / kuesioner yang harus anda jawab di bawah ini dengan hanya memperlihatkan nilai 1-7. Nilai 1 menggambarkan sangat tidak oke sampai nilai 7 untuk menggambarkan sangat oke terhadap 20 pernyataan dalam tes tersebut. Untuk lebih jelasnya sanggup eksklusif anda ikuti tesnya di bawah ini dan siapkan selembar kertas dan pulpen untuk mencatat balasan anda :

  • Saya merasa tidak nyaman kalau tidak ada susukan informasi secara terus-menerus melalui ponsel saya.
  • Saya merasa terganggu kalau tidak sanggup mencari informasi melalui ponsel di ketika saya membutuhkannya.
  • Tidak sanggup mendapatkan gosip (berita yang sedang trending, informasi cuaca, dan lain-lain) dari ponsel mengakibatkan saya merasa gelisah / cemas.
  • Saya merasa terganggu kalau saya tidak sanggup memakai ponsel dan fitur-fiturnya pada ketika saya membutuhkannya.
  • Kehabisan baterai ponsel menciptakan saya takut.
  • Apabila saya telah mencapai ambang batas kuota internet bulanan, saya merasa khawatir.
  • Apabila saya tidak mendapatkan sinyal internet atau tidak sanggup mengakses Wi-Fi, saya akan mengecek ponsel secara terencana untuk melihat apakah ponsel saya sudah menemukan sinyal atau jaringan Wi-Fi.
  • Apabila saya tidak sanggup memakai ponsel, saya merasa takut tersesat di suatu tempat.
  • Apabila saya tidak sanggup melihat ponsel sementara waktu, saya akan mempunyai hasrat/ harapan besar untuk melihatnya.

Apabila saya tidak membawa ponsel...

  • Saya merasa cemas sebab tidak sanggup segera berkomunikasi dengan keluarga atau teman.
  • Saya merasa khawatir sebab keluarga atau sahabat saya tidak sanggup menghubungi saya.
  • Saya merasa gelisah sebab tidak sanggup mendapatkan pesan dan telepon.
  • Saya merasa cemas sebab saya tidak sanggup bekerjasama dengan keluarga atau teman.
  • Saya merasa gelisah sebab tidak tahu apakah seseorang sedang berusaha menghubungi saya.
  • Saya merasa cemas sebab koneksi dengan keluarga dan sahabat terus-menerus terputus.
  • Saya merasa gelisah sebab saya terputus dari komunitas di dunia maya.
  • Saya merasa tidak nyaman sebab tidak mendapatkan informasi up-to-date dari media sosial.
  • Saya merasa ada yang janggal sebab saya tidak sanggup mengecek notifikasi terbaru di media umum saya.
  • Saya merasa cemas sebab saya tidak sanggup menyidik e-mail.
  • Saya merasa asing sebab saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan.

Baca Juga : Tips Menonton TV yang Baik dan Benar Agar Tidak Merusak Mata

Nah itulah tadi pertanyaan dan pernyataan untuk tes nomophobia. Untuk mengetahui akhirnya silahkan anda jumlahkan balasan anda dari pertama sampai akhir. Jika sudah silahkan cocokkan nilai anda dengan tingkatan nomophobia di bawah ini :
  • 20 : Anda sedang tidak mengalami nomophobia.
  • 21-60 : Anda sedang mengalami nomophobia ringan. Hidup anda sedikit terganggu kalau smartphone tidak berada di bersahabat anda atau sedang tidak terkoneksi dengan internet / WiFi.
  • 61-100 : Anda sedang mengalami nomophobia sedang. Anda merasa cemas kalau tidak terhubung dengan ponsel atau menyidik notofikasi terbaru dari smartphone. Pertimbangkan untuk melaksanakan detoksikasi dengan menjauhkan diri dari segala gadget sementara waktu semoga tidak ketergantungan.
  • 101-120 : Anda sedang mengalami nomophobia berat. Menggunakan smartphone sudah mendominasi kehidupan anda bahkan tidak sanggup terpisah dengan smartphone barang 1 menit pun. Untuk mengatasinya mungkin anda perlu mempertimbangkan berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog.

Bagaimana akhirnya sesudah anda mencocokkan hasil tes anda nilai tingkatan nomophobia di atas? Apakah termasuk bukan nomophobia atau sudah termasuk nomophobia kelas berat? Jika anda sudah termasuk dalam tingkatan nomophobia maka pertimbangkanlah hal tersebut. Smartphone memang sangat canggih dan sanggup mendukung segala aktifitas keseharian anda namun anda harus bijak menggunakannya semoga tidak menjadi pecandu smartphone. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Tes Nomophobia, Cara Mengetahui Seorang Pecandu Smartphone
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.