Cara Mengatasi Mawar Terkena Penyakit Bintik Hitam / Bercak Hitam

Cara Mengatasi Mawar Bintik Hitam - , Mawar merupakan tumbuhan yang paling lumrah dan sering ditanam oleh para pencinta bunga. Warnanya yang bermacam-macam dan menarik serta aromanya yang sangat harum mengakibatkan bunga ini sangat disukai oleh banyak orang. Bahkan aroma bunga ini sering dijadikan materi parfum lantaran wanginya yang sangat khas dan lembut. Menanam mawar tentunya harus melalui perawatan yang rutin lantaran jikalau tidak maka mawar akan menjadi rentan terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering mengintai bunga mawar yakni munculnya bercak-bercak hitam atau bintik-bintik hitam (black spots).

 Mawar merupakan tumbuhan yang paling lumrah dan sering ditanam oleh para pencinta bunga Cara Mengatasi Mawar Terkena Penyakit Bintik Hitam / Bercak Hitam
Bintik hitam (black spots) pada bunga mawar yakni penyakit yang disebabkan oleh jamur, biasanya penyakit ini tumbuh subur di lingkungan mawar yang hangat dan basah. Lingkungan yang lembab dan berair mengakibatkan spora sangat gampang tumbuh dan berkembang. Spora tersebut menyebar dari tanah ke flora mawar lantaran percikan air hujan atau siraman air pada tanah sehingga perlahan spora akan naik dan berkembang. Tanda tanda-tanda awal mawar terkena penyakit ini biasanya akan muncul bintik-bintik hitam pada daun mawar yang ujungnya terlihat bergerigi / garang dan dikelilingi oleh bulat kuning. Bintik-bintik ini jikalau tidak diatasi dengan cepat maka akan bermetamorfosis lebih besar hingga menutupi seluruh permukaan daun dan kesannya daun akan menjadi mati.

Meskipun daun yang terkena bintik hitam sudah mati dan jatuh namun jamur tersebut tidak berakhir hanya hingga disitu saja. Jamur secara perlahan akan naik ke atas dan menginfeksi semua daun lainnya bahkan sanggup menginfeksi batang mawar. Walaupun bintik hitam tersebut tidak akan membunuh bunga mawar namun jikalau sudah menginfeksi seluruh daun mawar tentunya proses tumbuh kembang mawar akan terganggu sehingga akan terkena penyakit-penyakit lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengatasinya biasanya sanggup memakai cairan kimia fungisida dan belerang yang sanggup memberantas spora tanaman. Selain dengan cairan kimia tersebut anda juga sanggup mengatasinya dengan cara-cara berikut ini :

1. Menyiram Mawar dengan Benar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa spora penyebab bintik hitam pada mawar tumbuh dan berkembang lantaran percikan air atau hujan dari tanah. Nah untuk mengatasinya maka anda harus menyiram mawar dengan baik dan benar. Penyiraman yang baik yakni menyiram dari akar mawar jangan melalui arah sebaliknya. Selain itu anda juga sanggup menyiram dengan memakai sistem irigasi tetes yang mana sanggup meminimalisir percikan dikala mawar disiram.

2. Menyiram Mawar Secukupnya

Lingkungan yang mempunyai kelembaban berlebihan sangat disukai oleh jamur sehingga mawar akan rawan terkena penyakit bintik hitam. Untuk mengatasinya maka anda harus memperhatikan proses penyiraman mawar biar tidak berlebihan. Apabila cuaca sedang hambar maka batasi penyiraman pada bunga mawar misalkan seminggu sekali hingga tumbuhan berair total. Sebaliknya jikalau cuaca terik dan kering maka siramlah lebih sering namun hanya pada potongan akar tidak hingga pada potongan daun.

3. Membuang Daun / Batang yang Terkena Bintik Hitam

Apabila daun atau batang mawar sudah terkena bintik-bintik hitam maka tidak perlu menunggu waktu usang jamur semakin menyebar. Segera buang daun atau batang tersebut dengan cara memotongnya memakai gunting. Untuk pemotongan batang mawar yang terkena bintik hitam yakni 6-8 inci dari bintik hitam tersebut. Buang daun / batang tersebut ke kawasan pembuangan / kolam sampah dan jangan pernah berpikir untuk mengakibatkan daun tersebut sebagai olahan pupuk kompos lantaran justru beresiko sanggup menginfeksi tanaman-tanaman yang lainnya.

4. Mengatasi Spora dengan Minyak Mimba

Minyak Mimba merupakan minyak yang berasal dari biji pohon mimba yang berkhasiat untuk melapisi daun supaya mencegah spora berakar dan berkembang. Minyak ini juga sanggup membunuh kutu pada daun. Semprotkan minyak mimba pada bunga mawar secara teratur setiap 1-2 ahad selama isu terkini tanam tergantung pada seberapa sering datangnya hujan.

5. Mengatasi Bintik Hitam dengan Bubuk Soda Kue

Anda sanggup mengatasi bintik hitam dengan menciptakan cairan fungisida memakai materi yang sangat gampang didapat, yakni bubuk soda kue. Untuk membuatnya anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh bubuk soda camilan elok dengan 1 sendok teh sabun cair ke dalam 1 liter air hangat. Jika sudah tercampur maka anda sanggup menyemprot bunga mawar secara rutin setiap ahad dengan cairan olahan ini. Bubuk soda camilan elok memang sudah terbukti sebagai fungisida alami yang sanggup membunuh jamur, sedangkan sabun berfungsi biar cairan tadi sanggup melekat pada daun. Selain memberantas bintik hitam, cairan ini juga sanggup menghilangkan embun tepung yang sering mengganggu bunga mawar,

Baca Juga : Pengertian dan Macam-Macam Simbiosis di Dunia

6. Menggunakan Campuran Cuka

Jika anda mempunyai bunga mawar yang sangat banyak dan mencegah biar tidak terkena penyakit bintik hitam maka sanggup memakai cara ini, yakni memakai gabungan cuka. Cara membuatnya yakni mencampurkan 1 sendok makan cuka dengan 1 sendok makan bubuk soda camilan elok dan 1 sendok makan minyak holtikultura ke dalam 1 galon air. Campuran cuka dan soda camilan elok tersebut berfungsi untuk membunuh spora penyebab jamur dan minyak holtikultura berfungsi biar cairan tersebut melekat pada daun mawar. Anda sanggup menyemprot mawar secara rutin dengan gabungan ini setiap ahad untuk mencegah penyakit bintik hitam.

7. Menggunakan Susu

Selain dengan cuka dan soda kue, anda juga sanggup menghilangkan bintik hitam pada mawar dengan memakai gabungan susu. Susu yang dipakai disini yakni jenis susu sapi bukan susu lain ibarat susu kedelai atau susu almond. Cara membuatnya yakni dengan perbandingan susu dan air 1 : 2. Anda sanggup memakai gabungan ini setiap ahad dengan cara menyemprotkannya pada bunga mawar. Susu sapi diketahui mengandung laktoferin yang berperan sebagai fungisida alami untuk memberantas jamur penyebab bintik hitam.

Nah itulah tadi 7 cara mengatasi penyakit bintik hitam (black spots) pada bunga mawar. Sangat gampang sekali bukan? Tentunya jikalau anda merawat dan memperhatikan bunga mawar tersebut secara teratur maka akan sangat sulit bagi penyakit-penyakit untuk menginfeksi bunga mawar. Mawar yang sehat tentunya akan menampilkan warna yang sangat menarik untuk dipandang serta aroma yang sangat amis untuk dicium. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi Mawar Terkena Penyakit Bintik Hitam / Bercak Hitam
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.