7 Macam Minuman Pantangan Ibu Hamil

Minuman Pantangan Ibu Hamil - Kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan bagi pasangan gres menikah. Pada dikala hamil tentunya kondisi si ibu akan berubah baik itu dari segi fisik maupun metabolisme. Oleh sebab itu bagi ibu hamil sangat diperhatikan dan dijaga ketat asupan yang dikonsumsi oleh tubuh. Tidak sanggup sembarangan sebab konsumsi ibu hamil sangat beresiko bagi dirinya pribadi maupun kandungannya. Ibu hamil tentunya harus memperlihatkan nutrisi yang baik demi kesehatan kandungannya biar bayinya nanti tumbuh sehat dan cerdas.

Bukan hanya makanan, pada beberapa minuman pun ada beberapa yang menjadi pantangan oleh ibu hamil. Ada beberapa minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil sebab terlalu beresiko untuk kandungannya. Beberapa minuman ini harus dibatasi konsumsinya bahkan jika sanggup tidak boleh semenjak masa awal kehamilan. Minuman apa sajakah itu? Berikut ini 7 macam minuman yang menjadi pantangan oleh ibu hamil :

1. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil terutama pada dikala trimester awal kehamilan. Hal ini dikarenakan efek kafein yang terdapat di dalam kopi sanggup mengganggu sistem syaraf, pencernaan serta metabolisme bagi ibu hamil, bahkan yang lebih fatal sanggup mengakibatkan keguguran. Jika masih tetap ingin meminum kopi maka minumlah kopi yang mempunyai kandungan rendah kafein namun tentunya masih dalam batas hal yang masuk akal (tidak berlebihan).

2. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau soft drink merupakan salah satu minuman yang harus dibatasi oleh ibu hamil. Pada minuman bersoda biasanya mengandung banyak tambahan buatan, pengawet, materi pewarna, kafein, dan sebagainya yang sanggup meningkatkan resiko jelek untuk kesehatan kandungan ibu hamil.

3. Alkohol

Orang sehat saja perlu dibatasi dalam konsumsi alkohol, apalagi ibu hamil. Minuman beralkohol menjadi salah satu pantangan terbesar oleh ibu hamil sebab minuman ini diketahui sanggup mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada janin, menyerupai kelahiran prematur, kerusakan otak, bahkan catat janin. Bukan hanya pada dikala mengandung, tapi pantangan minuman beralkohol ini juga harus dilakukan hingga masa menyusui si bayi.

4. Minuman Manis

Minuman yang terlalu banyak mengandung gula sebaiknya jangan diberikan terlalu banyak kepada ibu hamil. Hal ini dikarenakan minuman anggun mempunyai kadar gula yang sangat tinggi dan tidak baik bagi perkembangan janin. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi minuman anggun juga sangat beresiko terkena diabetes gravidarum yakni diabetes pada masa kehamilan serta resiko bayi besar pada janin.

5. Susu Mentah

Susu mentah ialah susu fresh yang eksklusif tanpa pengolahan sebelumnya. Jenis minuman ini sangat tidak disarankan oleh ibu hamil sebab susu mentah masih mengandung banyak kuman di dalamnya. Jika ingin minum susu maka minumlah susu yang sudah diproses pasteurisasi. Pasteurisasi yaitu proses pengolahan susu dengan pemanasan susu dengan suhu antara 70-75 derajat celcius. Proses pasteurisasi ini berkhasiat untuk membunuh bankteri-bakteri yang terkandung di dalam susu segar tersebut.

Baca Juga : 5 Buah yang Dapat Atasi Perut Kembung dan Buncit

6. Teh

Teh juga merupakan minuman yang harus dikurangi oleh ibu hamil. Sama menyerupai kopi, teh juga mengandung zat sejenis kafein walaupun tidak setinggi kopi namun juga sanggup mengakibatkan resiko pada kandungan. Selain itu teh juga disinyalir sanggup mengakibatkan gangguan tak bisa tidur untuk ibu hamil. Oleh sebab itu bagi anda yang gemar meminum teh batasilah konsumsinya mulai dari kini demi kesehatan kandungan anda.

7. Minuman Berenergi

Minuman berenergi merupakan minuman yang dibentuk dan dipercaya sanggup menguatkan tenaga dan stamina. Minuman ini sering diminum oleh para pekerja berat. Namun tidak bagi ibu hamil, minuman ini sangat tidak disarankan karena  mengandung banyak materi pengawet dan materi kimia lainnya, yang tentu saja sangat beresiko untuk perkembangan janin Anda.

Nah itulah tadi 7 macam minuman yang menjadi pantangan ibu hamil. Jika anda merupakan salah satu penggemar minuman di atas maka kurangilah mulai dari sekarang. Apabila masih tetap ingin meminumnya maka batasilah. Anda sanggup menggantinya dengan meminum air putih ataupun minuman yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Semua ini tentunya untuk kesehatan anda selama hamil dan tentunya bagi perkembangan kandungan anda. Lebih baik mencegah sebelum terjadinya resiko bukan? Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
7 Macam Minuman Pantangan Ibu Hamil
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.