5 Persiapan Sebelum Melamar Kerja

Persiapan Sebelum Melamar Kerja - , Melamar suatu pekerjaan tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi di periode kini yang katanya melamar pekerjaan cukup sulit, terutama kalau anda seorang lulusan gres atau fresh graduate yang masih belum mempunyai pengalaman. Hal ini wajar, alasannya yakni bagi suatu perusahaan yang paling diutamakan yakni skill atau pegalaman dalam bekerja sehingga pihak perusahaan tidak perlu susah-susah membimbing para pekerja gres nantinya dikala bekerja. Jika anda kuliah di kampus yang mempunyai ikatan dinas tentunya mencari pekerjaan sangatlah mudah, namun tidak bagi mereka yang kuliah di kampus yang tidak mempunyai ikatan dinas.

Melamar suatu pekerjaan tentunya bukanlah hal yang gampang 5 Persiapan Sebelum Melamar Kerja
Sebenarnya banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, namun terkadang para pelamar melupakan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan sehingga justru melupakan poin-poin penting yang mengakibatkan evaluasi dari pihak perusahaan. Nah ibarat yang sudah disinggung tadi ada banyak sekali macam persiapan sebelum melamar pekerjaan. Apa sajakah itu? Yuk simak liputannya di bawah ini persiapan sebelum melamar kerja :

1. Mengenal Lebih Dalam Perusahaan yang Akan Dilamar

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan yakni mengenal perusahaan atau instansi yang akan dilamar. Ada pepatah yang menyampaikan tak kenal maka tak sayang. Maka jangan ibarat membeli kucing dalam karung, kenali dulu perusahaan atau instansi yang ingin anda lamar. Hal ini tentunya untuk anda pribadi mengetahui bagaimana rating perusahaan tersebut, pekerjaan yang akan dilakukan, dan lain-lainnya semoga anda tidak menyesal di kemudian hari kalau sudah diterima. Biasanya hal ini juga sering ditanyakan pihak perusahaan dikala tes tertulis maupun wawancara. Ini menjadi salah satu evaluasi perusahaan seberapa jauh anda mengenal mereka.

2. Mempersiapkan Berkas-Berkas Umum Lamaran Kerja

Nah poin kedua yang harus anda persiapkan tentunya yakni mempersiapkan berkas dokumen umum lamaran kerja. Berka-berkas umum yang diperlukan biasanya tidak jauh-jauh dari ijazah, surat lamaran pekerjaan, daftar riwayat hidup (CV), pas foto, akta keterampilan, KTP kalau diperlukan dan lain-lainnya. Lampirkan semua dokumen tersebut secara lengkap dalam satu map. Berkas ini nantinya akan dilihat oleh pihak perusahaan sebelum memutuskan anda layak dipanggil atau tidak.

3. Perhatikan Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan dan CV

Ini merupakan poin penting yang sering dilupakan oleh para pelamar kerja. Pihak perusahaan selalu memperhatikan surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup anda. Beberapa HRD bahkan memprioritaskan hal ini alasannya yakni 2 poin ini menggambarkan keseluruhan kepribadian anda dalam melamar kerja. Tulislah surat lamaran kerja dengan bahasa baku dan sesuai kaidah Bahasa Indonesia, untuk misalnya sanggup anda lihat pada artikel Contoh Surat Lamaran Pekerjaan. Untuk daftar riwayat hidup, buatlah secara singkat yang menggambarkan keseluruhan dokumen berkas yang anda lampirkan. Tulislah daftar riwayat hidup yang menarik minat pihak perusahaan untuk mengecek berkas-berkas yang anda lampirkan. Jika anda resah bagaimana cara menulisnya bisa anda lihat pada artikel Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar.

4. Selalu Mengasah Kemampuan dan Menambah Pengalaman Kerja

Sembari melamar pekerjaan, ada baiknya anda mengasah kemampuan (skill) semoga tidak hilang. Anda sanggup ikut sobat atau kolega anda yang mempunyai pekerjaan sejenis. Selain mengasah kemampuan, hal ini juga akan menambah pengalaman kerja anda sehingga tidak terlalu gugup kalau terjun eksklusif ke dunia positif nantinya. Bahkan kalau beruntung mungkin anda akan mendapat surat rekomendasi pengalaman kerja dari pekerjaan sementara anda tersebut sehingga tentunya akan menambah evaluasi bagi perusahaan yang ingin anda lamar. Selain itu hal ini juga sanggup anda lakukan sedari awal sewaktu kuliah sehingga selain banyak pengalaman tentunya juga banyak kenalan kalau ingin melamar kerja nantinya.

5. Mempersiapkan Wawancara Kerja

Seringkali pelamar kerja mempersiapkan berkas lamaran kerja sampai tes tertulis dengan matang namun kebanyakan melupakan wawancara kerja. Wawancara kerja juga biasanya dilakukan untuk mengetahui bagaimana keadaan sosial anda. Hal sosial ini tentunya sangat besar lengan berkuasa bagi perusahaan yang mengutamakan pekerjaan dalam bentuk tim. Tidak perlu gugup dalam melaksanakan wawancara kerja, siapkan mental dan pelajari lebih dalam mengenai perusahaan yang ingin anda lamar serta pekerjaan yang akan dikerjakan nantinya.

Baca Juga : 12 Alasan PNS Menjadi Pekerjaan Impian Anak Muda Sekarang

Nah itulah tadi 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan. Di balik 5 poin di atas satu hal penting yang harus anda persiapkan yakni jangan mengalah dan terus berusaha. Mungkin pada dikala awal-awal nantinya akan begitu sulit dalam mencari pekerjaan, namun kalau anda sudah mengenal seluk beluknya maka melamar pekerjaan bukanlah hal yang sulit bagi anda. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa semoga diberikan yang terbaik. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
5 Persiapan Sebelum Melamar Kerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.