Cara Masuk Dan Setting Default Bios

Cara Setting Default BIOS - , Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membahas mengenai cara masuk ke BIOS dan melaksanakan setting default. Melakukan setting default BIOS ialah cara untuk mengatasi komputer yang gagal melaksanakan booting. Biasanya komputer hanya berputar-putar dan tidak sanggup masuk ke dalam sistem operasi. Para pengguna komputer biasanya sering mengalami hal ini, bagi para pemula mungkin akan pribadi panik dan berpikir komputernya sudah rusak dan ingin membawanya ke service komputer. Tidak perlu panik lantaran anda sanggup mengatasinya sendiri tanpa harus membawanya ke service komputer.

Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membahas mengenai cara masuk ke BIOS dan melakuka Cara Masuk dan Setting Default BIOS
Sebelum kita membahasnya lebih dalam ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu BIOS. BIOS (Basic Input Output System) ialah sebuah software yang ditanamkan pada ROM / baterai CMOS dan berfungsi untuk mengatur perangkat keras (hardware) dari sebuah komputer. Sistem BIOS ini sendiri terdapat pada motherboard komputer. Jika komputer mengalami kegagalan booting maka biasanya akan muncul goresan pena menyerupai 'CMOS Fail', 'Hardware not recognize', 'CMOS  Error', 'CMOS Cheksum Bad', 'CMOS Wrong' dan lain sebagainya. Kegagalan booting ini menimbulkan komputer tidak sanggup masuk ke sistem operasi dan kalau dibiarkan lama-lama maka akan menciptakan rusak komponen komputer lainnya yang ada di motherboard.

Penyebab gagalnya booting ini disebabkan lantaran banyak hal menyerupai pemadaman listrik secara tiba-tiba, baterai CMOS yang sudah habis dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya anda sangat gampang tidak perlu membongkar komputer, anda hanya tinggal masuk ke sistem BIOS dan melaksanakan setting default biar sistem BIOS kembali berjalan normal. Adapun langkah-langkahnya yakni :
1. Nyalakan komputer anda

2. Pada ketika booting masuk ke dalam BIOS dengan cara mengklik tombol DEL (delete) atau F2 secara berulang-ulang

3. Kemudian masuk ke sajian 'Exit' kemudian pilih sajian 'Load Setup Default'. Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat menyerupai gambar di bawah :
Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membahas mengenai cara masuk ke BIOS dan melakuka Cara Masuk dan Setting Default BIOS

4. Selanjutnya klik enter / 'exit saving changes' maka akan muncul halaman konfirmasi kemudian tekan 'Yes'
Pada kesempatan kali ini fahrinheit akan membahas mengenai cara masuk ke BIOS dan melakuka Cara Masuk dan Setting Default BIOS


Note :
  • Pada beberapa perangkat mungkin mempunyai cara masuk BIOS yang berbeda-beda. Jjika tombol DEL atau F2 tidak sanggup maka anda sanggup mencoba tombol F8, F10, Esc atau tombol Tab.
  • Beberapa tampilan dan letak setting mungkin akan berbeda dari gambar di atas. Namun pastikan anda menentukan sajian yang bertuliskan 'setup default' maka BIOS akan kembali ke pengaturan semula secara otomatis sehabis komputer direstart.

Nah itulah tadi cara masuk BIOS dan melaksanakan setting default. Setelah komputer mengalami restart nantinya maka komputer tidak akan mengalami kegagalan booting dan sanggup masuk ke sistem operasi lagi. Namun kalau anda sudah melaksanakan cara di atas namun komputer masih tidak sanggup masuk ke sistem operasi maka anda harus melaksanakan reset CMOS secara manual dengan cara membongkar komputer anda. Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.
Cara Masuk Dan Setting Default Bios
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.