11 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang

Yang sedang membaca artikel cara tetap sehat walau sering begadang berikut ini pastilah mereka yang hoby atau memang diharuskan begadang namun masih peduli dengan kesehatan. Tidak selamanya begadang sebagai hoby yang dianggap hanya sebatas mengahbiskan waktu dan tidak berkhasiat sama sekali. Karena ada beberapa profesi yang memang mengharuskan untuk begadang demi sebuah tanggung jawab. Misalnya profesi security, polisi, tenaga medis, dan beberapa profesi lainnya.

 Yang sedang membaca artikel cara tetap sehat walau sering begadang berikut ini pastilah m 11 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang
Meskipun sering begadang, mereka tetap diharuskan untuk menjaga kesehatan supaya tetap fit dalam menjalankan tugas. Nah, demi kiprah mulia tersebut, berikut ada beberapa tips atau cara tetap sehat walau sering begadang. Antara lain :

1. Tetap Penuhi Hak Istirahat

Tidak sanggup mendapat waktu tidur malam yang cukup lama, bukan berarti tidak sanggup istirahat. Ganti waktu tidur malam yang tersita dengan tidur siang. Biasanya, bagi pekerja dengan konsep shift, kalau waktu malam masuk, berarti siangnya tidak masuk. Manfaatkan waktu siang untuk tidur menggantikan tidur malam yang tersita. Dengan istirahat yang cukup, tubuh akan tetap sehat meskipun sering begadang malam.

2. Hindarkan Tubuh Dari Angin Malam Secara Langsung

Banyak yang menyampaikan bahwa angin malam bukanlah angin yang cantik untuk tubuh. Karena sanggup mendatangkan aneka macam macam penyakit. Salah satunya yakni masuk angin. Untuk menghindarkan tubuh dari angin malam secara langsung, sebaiknya pakailah jaket atau sewater dikala diharuskan untuk begadang malam. Terutama bagi pekerja keamanan menyerupai security atau polisi dan penjaga keamanan lainnya yang diharuskan tetap berada di luar ruangan meski malam hari.

3. Jagalah Pola Makan Dengan Teratur

Begadang malam selalu identik dengan cemilan atau kopi. Cemilan disini maksudnya cemilan dengan materi yang kurang sehat. Misalnya gorengan dengan ditambah kopi. Jika dua hal ini dipadukan, akan sangat merusak contoh makan. Perut akan terasa kenyang lebih usang sekalipun belum makan. Hal inilah yang kadang sanggup merusak kesehatan. Sebaiknya atur contoh makan dengan baik. Kurangi cemilan kurang sehat. Agar tubuh tetap fit sekalipun harus begadang malam.

Baca Juga : Kandungan dan Nutrisi Kakao (Cokelat)

4. Penuhi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Cara tetap sehat walau sering begadang selanjutnya yakni pemenuhan asupan gizi yang baik bagi tubuh. Kalau mengkonsumsi masakan jangan asal kenyang. Konsumsilah masakan dengan kadar gizi yang seimbang. Ada karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan juga serat. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Pilih buah yang mengandung banyak serat dan sayur dengan warna hijau tua. Jika tidak terlalu suka mengonsumsi sayuran, sanggup dibentuk jus bersama buah.

5. Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Salah satu fungsi dari vitamin C yakni menjaga daya tahan tubuh dari serangan aneka macam macam penyakit. Seperti penyakit-penyakit yang menyertai angin malam. Seperti masuk angin, flu, pilek, dan aneka macam macam penyakit lainnya. Terlalu sering begadang sanggup berdampak menurunnya daya tahan tubuh. Oleh alasannya itu, rutinlah mengkonsumsi vitamin C.

Vitamin C ini sanggup didapatkan dari buah-buahan. Seperti jaruk, nanas, kiwi, jambu biji, dan aneka macam buah lainnya. Atau sanggup juga didapat dari vitamin dalam bentuk kaplet atau minuman yang banyak dijual di apotek.

6. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Dengan Air Putih

Ini juga tidak kalah penting. Tubuh perlu cairan yang cukup dan sehat supaya sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh alasannya itu, cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan banyak mengonsumsi air putih. Selain memenuhi kebutuhan cairan, air putih juga sanggup berfungsi sebagai detox atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika cairan cukup dan racun gampang dikeluarkan, maka tubuh akan tetap fit meski diharuskan begadang malam. Tubuh juga tidak gampang sakit dan kebugaran akan selalu terjaga.

7. Konsumsi Madu

Selain dikenal sebagai obat aneka macam macam penyakit, madu juga dikenal sebagai pendongkrak stamina. Ini sangat cocok sekali diminum bagi mereka yang diharuskan untuk begadang malam. Konsumsilah madu secara teratur supaya stamina tetap cantik meski tiap hari harus begadang.

8. Konsumsi Vitamin D3

Salah satu hal yang sulit didapat bagi mereka yang sering begadang malam yakni kurangnya sinar matahari. Karena dikala matahari terbit, justru mereka tidur terlelap dalam kamar. Maka dari itu, konsumsi vitamin D3 untuk menggantikan kurangnya asupan sinar matahari. Vitamib D3 ini sanggup dibeli di toko obat atau apotek tanpa resep dokter

9. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Kalau sudah begadang malam, hal yang sering dilakukan yakni merokok dan minum minuman yang banyak mengandung alkohol. Dengan alasan untuk menghangatkan tubuh. Namun bila ini dilakukan terus menerus, justru akan merugikan kesehatan. Untuk mengganti rokok dan minuman beralkohol, sanggup mengonsumsi wedang jahe atau bir pletok bagi yang tinggal di Jakarta.. Fungsinya sama. Sebagai penghangat tubuh namun lebih sehat.

10. Olah Raga Secara Teratur

Sekalipun sibuk, bukan berarti harus meninggalkan acara olah raga. Karena olah raga sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Olah raga tidak perlu menghabiskan banyak uang. Misalnya pergi ke kawasan kebugaran. Cukup luangkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari untuk sekedar joging ringan. Sehat sekaligus murah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Lipatan Lemak di Dagu

11. Hindari Minuman Berenergi

Mengonsumsi minuman berenergi biasa dilakukan oleh mereka yang sering begadang malam. Dengan tujuan supaya energinya tetap terjaga. Namun sayangnya, bila dikonsumsi secara terus menerus justru akan merugikan kesehatan. Maka dari itu, cara tetap sehat walau sering begadang yang terakhir yakni hindari mengonsumsi minuman berenergi sekalipun dengan alasan demi mendongkrak energi dan stamina.
11 Cara Tetap Sehat Walau Sering Begadang
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.